Tinta Hitam Cumi, Ternyata Bisa Mengurangi Risiko Kanker

Cuni


Tinta hitam cumi adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat makanan terasa lebih enak dengan rasa yang dalam berasal dari warna hitam pada tinta dan selanjutnya dikenal sebagai sumber besi. Nutrisi lain dari tinta cumi hitam termasuk antioksidan serta protein, lipid, mineral, taurin dan dopamin.

Akibatnya, beberapa orang dulu berpikir bahwa tinta cumi baik untuk pengobatan penyakit jantung karena dapat mencegah oksidasi lipid.

Pengobatan sebenarnya bisa dilakukan ketika pasien disarankan oleh dokter, sementara penelitian masih diperlukan untuk membuktikan manfaatnya. Berikut manfaat lain dari tinta cumi hitam yang dikutip dari Dr Health Benefits:

• Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa antioksidan dan nutrisi penting lainnya dalam tinta cumi hitam membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Sejak itu, ia juga mengurangi radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti kanker sebagai salah satu kondisi paling populer yang terkait dengan radikal bebas.

• Mengurangi risiko kanker

Terkait dengan manfaat tinta cumi-cumi hitam untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ternyata dapat mengurangi risiko kanker. Kondisi tersebut terjadi karena meningkatnya jumlah radikal bebas dan sementara sistem kekebalan tubuh ditingkatkan oleh antioksidan maka radikal tersebut cenderung dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, itu mencegah kanker. 

Baca juga: Murah dan Mudah Ditemukan, Kacang Panjang Ternyata Memiliki Sejumlah Manfaat untuk Kesehatan

• Melindungi hati

Salah satu manfaat tinta cumi hitam untuk kesehatan adalah untuk melindungi jantung. Manfaatnya karena kemampuan tinta untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh serta kolesterol. Seperti yang telah diketahui, tekanan darah tinggi kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung seperti stroke.

• Bertindak sebagai antibiotik

Tinta cumi hitam memiliki sifat antibakteri sehingga populer sebagai antibiotik alami. Karena bersifat sebagai antibiotik, namun jika kondisinya semakin parah maka Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

• Meningkatkan produksi sel darah putih

Sel darah putih cenderung meningkat karena tubuh memiliki antioksidan yang cukup. Antioksidan tinggi dalam tinta cumi hitam dan terkait dengan peningkatan produksi sel darah putih. Akibatnya, itu juga dapat membantu mereka yang menjalani kemoterapi.

• Meningkatkan sel darah merah

Zat besi dalam tinta cumi hitam memiliki kemampuan untuk meningkatkan sel darah merah dan hal ini berkaitan dengan penderita anemia. Selain itu, lebih baik memiliki jumlah sel darah dan merah yang baik karena jumlah sel yang terlalu banyak mungkin membawa tubuh ke beberapa kondisi.

• Memperlambat penuaan

Antioksidan dalam tinta cumi hitam dapat memperlambat penuaan dengan mengurangi kerutan atau tanda penuaan lainnya. Manfaat tersebut terkait dengan wanita yang biasanya peduli dengan kulit. Selain itu, kulit yang sehat dapat meningkatkan penampilan dan mempengaruhi banyak aspek.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Khasiat Tiram Bagi Kesehatan

• Menurunkan tekanan darah

Kemampuan tinta cumi hitam untuk melindungi jantung disebabkan oleh penurunan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, beberapa orang dengan tekanan darah tinggi cenderung menderita kondisi jantung dan juga menurunkan kesehatan secara keseluruhan. 

• Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Dopamin dalam tinta cumi hitam membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan oleh anak-anak dan selanjutnya anak-anak dianjurkan untuk mengkonsumsi cumi-cumi. Ambil lebih banyak makanan sehat bahkan membuat manfaatnya berhasil.

• Mendukung kesehatan kulit

Meski belum ada bukti kuat tentang manfaat tinta cumi hitam untuk menunjang kesehatan kulit, namun antioksidan yang terkandung dalam tinta cumi bisa membantu untuk kesehatan kulit. Selama bertahun-tahun, makanan yang mengandung banyak antioksidan digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit.

• Meningkatkan oksigen dalam tubuh

Hemoglobin dan mioglobin adalah dua protein yang meningkatkan oksigen ke seluruh tubuh karena zat besi. Karena tinta cumi hitam dilengkapi dengan zat besi yang tinggi maka tinta cumi juga memiliki manfaat untuk menyebarkan oksigen dalam tubuh yang dapat menyebabkan peningkatan fungsi organ.

Itulah beberapa manfaat tinta cumi hitam untuk kesehatan. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form