Usai Kritik Jokowi, SBY Absen di Pidato Kenegaraan dan Nonton Voli

Pidato Kenegaraan

Setelah melontarkan kritik pada Presiden Joko Widodo (Jokowi), SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) tidak hadir di acara pidato kenegaraan. Dia sedang berada di Malaysia yang salah satu agendanya menyaksikan pertandingan voli.

Kritikan Presiden ke-6 tersebut pada Jokowi muncul pada video yang diunggah Channel Youtube Sumbawa Regency pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Dalam video berjudul SBY Terhadap Jokowi itu, dia mengingatkan Presiden Joko Widodo, kalau kritik masyarakat itu sangat baik untuk menjaga stabilitas negara.

Selain itu, SBY mengingatkan supaya pemerintahan Jokowi tak bersikap arogan saat masyarakat memberikan kritik.

Baca Juga: SBY Dijuluki Bapak Demokrasi, Nyatanya Lemah Pada Radikalis

"Kritik pada Jokowi mungkin baik untuk stabilitas ya,” kata ayah dari politisi Demokrat AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) itu.

SBY juga menyindir mereka yang dulu kritis terhadapnya.

"Tetapi saya dulu negara tidak jatuh meskipun dikritik habis-habisan, cuma yang dulu mengkritik saya sekarang banyak diam,” ucap Mantan Presiden RI itu.

Baca juga: Roy Suryo Ditahan, SBY Kritik Jokowi Jangan Arogan

SBY Nonton Voli ke Malaysia

Sehari setelah video itu beredar, SBY langsung terbang ke Negeri Jiran untuk memberikan pidato di Universitas Kebangsaan Malaysia. Di negara tetangga itu, dia juga akan menyaksikan pertandingan persahabatan tim voli miliknya yang bernama Bogor Lavani.  

SBY sendiri direncanakan pulang ke Tanah Air tanggal 18 Agustus 2022, sehingga dipastikan tidak akan hadir pada pidato kenegaraan Presiden Jokowi dalam sidang tahunan MPR dan penyampaian nota keuangan RPABN 2023. 

Baca Juga: Kenapa AHY Tidak Seperti Gibran?

Susilo Bambang Yudhoyono, pria kelahiran Pacitan, Jawa Timur 72 tahun yang lalu itu berada di Malaysia dengan sejumlah elite Partai Demokrat. Informasi itu diketahui dari unggahan politikus Demokrat Andi Arief di Twitter.

"Otw Malaysia 14 -18 Agustus, menghadiri pidato SBY di depan civitas Universitas Kebangsaan Malaysia dan Sultan Selangor," tulis Andi lewat akun resminya, pada Selasa, 16 Agustus 2022. 

Baca Juga: Wagub Jabar Anjurkan Poligami yang Dulu Dianggap Aib

Meskipun begitu, Andi menyatakan, SBY tetap akan hadir pada upacara hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2022. 

"Upacara 17 Agustus di KBRI dan pertandingan persahabatan voli Lavani vs tim Malaysia," tulis Andi di cuitan itu. [Benhil]

Baca Juga: Promosi Politik Tanpa Malu ala AHY

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form