Perancang Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api


Salah satu monumen bersejarah yang terdapat di Kota Bandung Jawa Barat yaitu Monumen Bandung Lautan Api.

Monumen ini terletak di pusat kota tepatnya di Lapangan Tegallega, Jalan BKR Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Monumen Bandung Lautan Api, itulah nama tugu yang memiliki tinggi 45 meter dengan 9 bidang.

Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa bersejarah Bandung Lautan Api yang terjadi ketika rakyat Kota Bandung melakukan perjuangan melawan agresi militer Belanda II pada 23 Maret 1946. 

Baca juga: Menilik Sejarah Villa Isola Bandung

Kala itu, rakyat dan para pejuang Bandung membakar rumah mereka dan meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. 

Hal ini mereka lakukan untuk mencegah tentara sekutu dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) Belanda menggunakan Kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam perang kemerdekaan Indonesia.

Nah, untuk diketahui, Monumen Bandung Lautan Api ini merupakan hasil rancangan seniman Sunaryo Soetono. 

Sunaryo merupakan seniman kontemporer dan mantan dosen seni rupa ITB yang memenangkan sayembara untuk merancang monumen Bandung Lautan Api pada 1984.

Salah satu warga daerah Sukaleueur, Sumiyati yang kerap berkunjung ke properti ini, mengatakan jika libur sekolah ia sering berkunjung ke monumen ini. 

"Sering kesini kalo lagi libur sekolah, kadang hari minggu. Kalo lagi nyantai juga kadang kesini soalnya deket," ucapnya ke reporter Benhil Jakarta.

Baca juga: Mengenal RPH Ciroyom, Bangunan Peninggalan Belanda di Kota Bandung

Pengunjung lainnya juga mengatakan, kondisi monumen bersejarah ini sekarang sudah enak, lebih bersih dibanding dulu. Karena saat ini sudah tertata dan ada petugas kebersihannya.

“Hari minggu juga suka kesini, rame banyak yang jualan. Jualan makanan, belanja baju segala ada, kadang juga olahraga,” tutur Jumiati. [Benhil]

Previous Post Next Post

Contact Form