Jasa Pengurusan Izin Usaha Berbasis Risiko di Indonesia


 

Jasa izin usaha berbasis berisiko tinggi, sangat diperlukan oleh penggiat bisnis yang sedang mendirikan usaha saat ini. Saat ini izin perusahaan berusaha pada sistem OSS dengan mengalami perubahan pendekatan. Jika sebelumnya memiliki basis pemenuhan komitmen saat ini sudah berubah menjadi perizinan berusaha berbasis risiko (OSS RBA).

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja perizinan berusaha untuk kegiatan usaha yang memiliki risiko tinggi. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, bahwa perizinan berusahanya yaitu berupa Nomor Inuk Berusaha (“NIB”) dan Izin.

Izin tersebut yaitu berupa persetujuan Pemerintah Pusat atau Pemerintah Desa untuk melakukan kegiatan usaha yang wajib Anda penuhi sebagai pelaku usaha sebelum melakukan kegiatan usaha.

ProIzin

PT Berjaya Satu Indonesia

Layanan Profesional Jasa Izin Usaha 


Jasa Izin Usaha Dan Tata Caranya

Kedua hal tersebut merupakan perizinan berusaha bagi para pelaku usaha dalam melakukan kegiatan operasional dan komersial kegiatan usaha. Selain kedua perizinan tersebut, dalam hal membuat kegiatan usaha dengan risiko tinggi juga memerlukan pemenuhan pada standar usaha atau standar produk.

Jasa izin usaha pada stAndar usaha atau standar produk tersebut sesuai dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah dengan kewenangan masing-masing dalam menerbitkan sertfikat stAndar usaha dan sertifikat stAndar produk. Tentu saja juga harus berdasarkan hasil verifikiasi pemenuhan standar.

Jasa Izin Usaha dan Berbagai Jenisnya

Membangun usaha saat ini semakin mudah di Indonesia. hal tersebut karena munculnya berbagai model bisnis yang didukung juga dengan kemajuan dari teknologi sehingga kemungkinan ini semua terjadi. Tetapi tetap saja, terdapat peraturan-peraturan yang terbuat dan ditetapkan untuk memberikan koridor yang jelas ketika membangun perusahaan.
 

Peraturan jelas tersebut salah satunya adalah jasa izin usaha yang Anda butuhkan ketika ingin memiliki perusahaan. Banyak sekali jenis pada izin usaha yang ada di Indonesia, dan bisa menggunakan online single sumbission, berikut berbagai jenis dan penjelasannya.

•    Surat izin tepat usaha (SITU)
Sesuai dengan namanya, SITU (Surat Izin Tempat Usaha) yang dipakai untuk menandakan kalau tempat usaha yang Anda gunakan sudah bisa dan aman dalam menjalankan bisnis. Pihak berwenang yang berhak merilis jenis izin ini adalah pemerintah daerah dan memiliki peraturan yang berbeda-beda sesuai dengan daerah masing-masing.

•    Jasa Izin Usaha Surat Perdagangan (SIUP)
Jika jenis surat sebelumnya dapat Anda gunakan untuk mengatur tempat usaha, maka SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) berguna untuk menandakan bahwa Anda bisa melaksanakan suatu kegiatan perdagangan. Bagi setiap wirausaha atau pengusaha, tentu saja wajib memiliki SIUP. Sama seperti SITU, SIUP juga pemerintah daerah yang mengeluarkan. Tanpa memiliki SIUP, maka Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas perdagangan.

•    Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Jasa izin usaha jenis berikutnya yang branding terima adalah NPWP. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) sudah menjadi suatu keharusan yang wajib pengusaha dan seluruh masyarakat Indonesia dan pemerintah sudah lama mewajibkan program ini. Hal ini karena agar masyarakat yang sudah memiliki penghasilan sendiri wajib membayar pajak. Tak terkecuali para pengusaha juga wajib memiliki NPWP agar membayar pajak sesuai dengan usahanya. 


•    Jasa Izin Usaha Nomor Register Perusahaan (NRP)
NRP (Nomor Register Perusahaan) atau yang lebih terkenal dengan sebutan (TAnda Daftar Perusahaan), wajib untuk Anda pasang sebagai pelaku usaha pada tempat usahamu. Hal tersebut untuk menjadi pertAnda jika usaha Anda sudah terdaftar dengan jelas dan berjalan secara resmi.

•    (NIB) Nomor Induk Berusaha
NIB (Nomor Induk Berusaha) adalah cara paling mudah ketika membangun usaha karena pelaku usaha tidak memerlukan lagi untuk membuat SIUP atau NRP. Hal tersebut karena sudah dapat terpenuhi hanya dengan memiliki NIB saja. Bahkan pemerintah Indonesia memberikan klaim bahwa Anda hanya memerlukan waktu 30 menit dalam membuat NIB.

•    Jasa Izin Usaha Keterangan Domisi Perusahaan (SKDP)
SKDP atau surat Keterangan Domisi Perusahaan merupakan surat yang menAndakan kejelasan tempat usaha yang Anda bangun. Jadi yang bisa mengeluarkan izin ini adalah pihak kelurahan dengan izin lurah. Jika usaha Anda berada di desa, maka kepala desa yang akan memberikan wewenang tersebut. Ketika individu maka hanya perlu memiliki KTP, tetapi jika unit usaha maka perlu memiliki SKDP.

•    Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
Jasa izin usaha berikutnya dari branding yaitu AMDAl. Surat ini merupakan izin usaha yang dikeluarkan untuk mengkaji dampak kepada lingkungan dari usaha yang Anda jalankan. Tetapi Amdal hanya dapat Anda gunakan untuk melengkapi saja, karena izin usaha ini tidak digunakan untuk mengizinkan usaha tersebut berdiri jika mempengaruhi lingkungan sekitar.

•    Izin Mendirikan Bangunan
Izin mendirikan bangunan wajib seseorang miliki jika ingin membangun tempat usaha sendiri. Karena dengan memiliki surat ini maka menAndakan bahwa bangunan tersebut sudah resmi terdaftar.

•    Jasa Izin Usaha Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum
Surat pengesahan badan hukum merupakan izin untuk mengesahkan badan hukum seperti Perseroan Terbatas (PT). Surat ini sah dan dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan HAM, surat ini juga memberikan perusahaan tersebut berdiri resmi dari kacamata hukum Indonesia.

•    Akta Pendirian Perseroan Terbatas
Bagi pengusaha tidak cukup hanya menggunakan surat keputusan pengesahan badan huku. Karena jasa izin usaha Akta Pendirian Perseoran Terbatas juga wajib Anda miliki agar dapat menjalankan bisnis dengan lancar dan tidak mendapatkan masalah pada masa mendatang.

•    Izin Gangguan
Jasa izin usaha yang terakhir yaitu izin gangguan. Izin gangguan adalah surat yang diperuntukkan untuk usaha-usaha yang menimbulkan potensi bahaya, ketertiban, kerugian, serta gangguan yang dapat muncul kapan pun. Biasanya yang menerima surat ini adalah para pengusaha dunia malam.

Dengan mengetahui berbagai jenis surat izin usaha tersebut, maka Anda dapat menentukan untuk bisnis Anda kedepannya. Anda dapat mengurus berbagai surat tersebut melalui jasa izin usaha dan branding dari ProIzin,  PT Berjaya Satu Indonesia, dapatkan harga termurah dan proses tercepat. [Benhil Jakarta]

Previous Post Next Post

Contact Form