Berpuasa adalah melaksanakan ibadah menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Setiap muslim tentu saja berniat puasa dengan sempurna.

 

Oleh sebab itu, mereka perlu paham beberapa hal yang membatalkan puasa. Hal-hal tersebut tampaknya sepele, namun bisa mengganggu kelancaran ibadah umat muslim.

 

Berikut ini 20 sebab yang bisa membatalkan puasa yang dikumpulkan dari berbagai sumber, yaitu:

 

1. Menggosok Gigi

Beberapa ulama berpendapat menggosok gigi bisa membatalkan puasa, namun beberapa ulama berpendapat kalau hal itu tidak membatalkan puasa. Jadi untuk lebih amannya, lebih baik melaksanakan sikat gigi saat setelah sahur.

 

2. Berbuka dengan Makanan Haram

Kriteria makanan haram tentu saja sudah banyak muslim yang paham. Jadi sebisa mungkin beberapa makanan tersebut dijauhi saja saat bersantap buka puasa, karena bisa membuat ibadah tidak makan dan minum selama sehari penuh menjadi sia-sia belaka.  

 

3. Mencicipi Masakan

Mencicipi masakan bisa membatalkan puasa, karena dianggap telah merasakan suatu makanan.

 

4. Berbuat Suatu Hal yang Membatalkan Puasa

Seringkali saat berbicara dengan teman, secara tidak sadar kita melakukan beberapa hal yang bisa membatalkan puasa seperti bergunjing, berbohong, riya, dan lain-lain.

 

5. Berkumur Siang Hari

Berkumur saat berpuasa dapat membatalkan ibadah. Apalagi jika hal itu dilakukan saat cuaca sangat panas pada siang hari.

 

6. Sengaja Muntah

 

Seseorang sengaja muntah saat merasa mual agar cairan yang mengganggu di dalam perut bisa keluar. Aktivitas itu ternyata bisa membatalkan puasa. Namun jika muntahnya karena sakit, tidak membatalkan puasa.

 

7. Memasukkan Obat ke Dubur dan Qubul

Pengobatan dengan cara memasukkan benda asing atau obat-obatan ke salah satu dari dua lubang yaitu qubul dan dubur ternyata bisa membatalkan puasa. Cara pengobatan ini biasanya dipakai bagi pasien yang sakit ambien, batu ginjal, dan susah buang air besar.

 

8. Merokok

Meski tidak memasukan makanan atau minuman, merokok bisa membatalkan puasa karena saat merokok seseorang akan kehilangan rasa lapar dan dahaga.

 

9. Berhubungan Badan

Berhubungan badan atau berhubungan seksual dengan pasangan bisa membatalkan puasa, karena aktivitas tersebut adalah melampiaskan hawa nafsu. Sedangkan beribadah puasa adalah untuk mengekang hawa nafsu.

 

10. Ejakulasi

Ejakulasi atau onani bisa membuat puasa menjadi batal karena juga termasuk aktivitas yang melampiaskan hawa nafsu.

 

11. Berpikir Hal yang Membangkitkan Birahi

Bahkan masih tahap berpikir hal-hal yang bisa membangkitkan gairah atau birahi juga bisa membatalkan puasa. Jadi lebih baik menyibukkan diri dengan kegiatan positif saja.

 

12. Berenang

Sebenarnya tidak ada larangan berenang saat berpuasa. Namun orang tidak bisa menjamin agar air tidak masuk kedalam tubuh selama olah raga air tersebut. Jadi lebih baik tidak usah berenang selama bulan Ramadan.

 

13. Haid

 

Perempuan yang sedang haid atau menstruasi diharamkan berpuasa. Jadi apabila seorang muslimah sudah niat berpuasa saat sahur, namun tiba-tiba haid di siang hari, maka puasanya dianggap batal.

 

14. Terlalu Emosi

Berpuasa juga perlu menahan emosi atau marah. Jadi, jika seorang muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa meluapkan emosi secara kasar, maka puasanya batal.

 

15. Murtad

Murtad adalah keluar dari ajaran Islam. Seseorang yang telah murtad ibadahnya dianggap tidak sah lagi, termasuk ibadah puasa.

 

16. Nifas

Seorang muslimah yang sedang mengalami masa nifas (keluarnya darah dari organ kewanitaan selama sekitar 2 bulan setelah melahirkan) maka tidak diwajibkan untuk berpuasa. Mereka bisa menggantikan puasa Ramadan di bulan lain.

 

17. Mengalami Gangguan Rohani

Puasa diwajibkan khusus bagi kaum Muslim yang berakal sehat. Bagi mereka yang mengalami gangguan rohani atau tidak berakal sehat (gila), tidak diwajibkan untuk beribadah puasa.

 

18. Terpancing Gairah.

Jika muslim yang berpuasa tidak bisa mengekang gairah karena suatu hal (memperhatikan lawan jenis atau pasangan secara berlebihan atau melihat suatu pornografi) maka puasanya dianggap batal.

 

19. Kondisi Badan Tidak Sehat.

Saat seorang muslim melaksanakan puasa, namun tiba-tiba kondisi tubuhnya menurun karena sakit, maka dia tidak diwajibkan untuk meneruskan puasanya. Seseorang yang sakit membutuhkan asupan gizi dari makanan agar kondisi tubuhnya bisa bugar kembali.

 

20. Melakukan Bekam

Melakukan bekam (metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah yang mengandung racun dari dalam tubuh) saat berpuasa Ramadan dianggap makruh karena bisa membuat tubuh menjadi lemas. Namun, jika tidak berdampak tubuh menjadi lemas, maka bekam tetap bisa dilakukan saat puasa.

 

Demikian 20 sebab yang bisa membatalkan ibadah puasa Ramadan. Semoga berguna agar amal ibadah di bulan suci Ramadan 1442 atau 2022 bisa sempurna. [Benhil]

All rights reserved, Copyright © 2022 www.benhil.net. Powered by Blogger.