Dapat Bagian Saham Rp 310 M, Driver Gojek: Tidak Menyangka


PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) membagikan dana sebesar Rp 310 miliar bagi para mitra driver di ekosistem GoTo, dalam bentuk Program Saham Gotong Royong. Kebanyakan driver Gojek merespon gembira.

 

Ajik (32 tahun) driver Gojek di Semarang tidak menyangka kalau kabar baik itu benar-benar menjadi kenyataan.

 

“Tidak menyangka diberi saham empat ribu lembar sama Gojek. Padahal saya tidak paham sama sekali tentang saham,” ujarnya sembari tersenyum ditemui Benhil saat menunggu order di daerah Sukun, Semarang pada Selasa, 5 April 2022.

 

Meski pria yang fokus kerja ojol (ojek online) itu merasakan order saat ini sepi, kabar pembagian saham itu membuatnya kembali bersemangat kerja.

 

“Order sepi sejak Januari tahun ini, tapi kabar baik itu membuat semangat. Saya sangat beruntung nggojek [bergabung kerja dengan Gojek] sejak pertengahan tahun 2016,” ujar Ajik.

 

Nyatanya, pembagian saham tersebut tidak hanya bagi driver yang fokus saja. Andi (42 tahun) juga kebagian, meski berstatus driver Gojek sambilan dan pernah absen hampir setahun.

 

“Saat awal pandemi Covid, order sangat sepi, saya memutuskan cari kerja formal dan libur nggojek hampir setahun. Tahun lalu saya nggojek lagi sepulang kerja. Eh, ternyata saya juga dapat bagian seribu lembar saham,” kata pria yang bekerja sebagai admin proyek itu.

 

Andi pernah menjadi ojol di Yogyakarta, Jakarta, dan Semarang, mengikuti di mana proyeknya berada.

 

“Iseng-iseng hidupkan aplikasi driver daripada melamun di mess,” ujar driver Gojek sejak 2018 itu.

 

Driver Gojek Perlu Merasakan Manfaat

Pembagian saham tersebut menjadi komitmen pihak Gojek untuk mensejahterakan seluruh mitra pengemudi di Indonesia yang telah setia dan dianggap memenuhi syarat.

 

CEO Grup GoTo, Andre Soelistyo menyatakan, program pembagian saham itu adalah impian pihaknya sejak awal agar mitra driver turut merasakan manfaat ketika GoTo melakukan IPO. 

 

"Oleh karena itu, melalui Program Saham Gotong Royong ini, GoTo ingin memberikan apresiasi kepada para mitra pengemudi yang telah turut bekerja sama membangun ekosistem GoTo dari awal dan telah setia bersama kami di pasang surut perjalanan perusahaan," ujarnya pada pernyataan secara tertulis, Selasa 5 April 2022.

 

Dalam Program Saham Gotong Royong ini, penerima manfaat dalam Program Saham Gotong Royong ini antara lain mitra driver GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, dan GoBox.

 

"Yang membanggakan, hampir seluruh mitra pengemudi aktif di Indonesia akan berkesempatan untuk mengikuti program ini," kata Andre.

 

Dia menerangkan, mitra driver yang telah bergabung sejak 2010 hingga 2016, akan menerima 4.000 lembar saham seri A GoTo. Sedangkan mitra driver yang bergabung sejak 2017 hingga Februari 2022, akan memperoleh saham sebanyak 1.000 lembar seri A.

 

Saham itu akan diterima mitra driver setelah berakhirnya delapan bulan periode lock-up, dihitung sejak pernyataan pendaftaran IPO GoTo telah dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan OJK Nomor 22/POJK.04/2021.

 

Pihak OJK telah menyatakan GoTo efektif pada 30 Maret 2022. [Benhil]

 

 

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form