Tomy Winata
Foto, Kiri Tomy Winata, Maritim News

Pengusaha Tanah Air yang satu ini terbilang sukses dengan memiliki Grup Artha Graha atau Artha Graha Network serta pendiri Artha Graha Peduli. Core bisnis yang dijalankan Tomy Winata (TW) yaitu bergerak di bidang perbankan, properti, dan infrastruktur. Di balik kesuksesan bisnis pria kelahiran Jakarta, 23 Juli 1958 ini rupanya mempunyai kedekatan dengan lima jenderal.

5 Jenderal yang Dekat dengan Tomy Winata


1. Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Tomy Winata dekat dengan mantan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Kedekatan terjadi ketika keduanya sepakat melakukan pembuatan hutan bakau di Bali pada 2013.

Pemilik Sudirman Central Business District (SCBD) di Jakarta itu mencetuskan penanaman pohon bakau dengan menggandeng pemain sepak bola megabintang, Cristiano Ronaldo untuk menjadi duta hutan mangrove. Kemudian pada 2008, SBY dan TW pernah bertemu untuk membahas program produksi beras jenis Bernas di kawasan pertanian yang dikembangkannya.

2. Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat

Jenderal lain yang juga dengan Tomy Winata adalah mantan KSAD periode 1988-1993 Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat. Melalui jenderal ini yang akhirnya menjadikan TW dekat dengan Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Edi Sudrajat mengatakan kepada Gatot alasannya membawa TW dalam penugasannya sebagai Panglima Kodam III Siliwangi karena menganggap Tomy Winata memiliki potensi.

3. Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo

Kedekatan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo periode 2015-2017 dengan TW menjadi perbincangan publik pada Maret hingga April 2018. Bahkan, Gatot mengungkap kedekatannya dengan TW tidak bisa dibandingkan dengan yang lain.
Pertama kali Gatot dan Tomy dekat dimulai ketika keduanya dipertemukan mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD),  Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat. Kala itu, TW yang dibawa Edi dari Kalimantan untuk menemaninya saat bertugas sebagai Panglima Komando Daerah Militer III Siliwangi.

Gatot yang baru lulus dari Akademi Militer (Akmil) ditunjuk menjadi ajudan Edi. Kedekatan Gatot dan TW tanpa kendala. Persahabatan keduanya menjalar hingga urusan bisnis. Gatot mengaku pernah menjadi Komisaris Utama Bank Artha Graha, milik Tomy Winata.


4. Letnan Jenderal TNI (Purn) Tiopan Bernhard (TB) Silalahi

Mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VI periode 1993-1998, Letjen (Purn) TNI TB Silalahi disebut-sebut memiliki kedekatan dengan Tomy Winata.

Diawali dari pertemuan antara lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) tahun 1962 dengan TW di rumah salah satu petinggi TNI AD. Kedekatan keduanya berlanjut hingga urusan bisnis. Pendiri Yayasan Soposurung tersebut diketahui merupakan penasihat di Artha Graha, perusahaan yang didirikan TW.

5. Brigadir Jenderal TNI (Purn) Slamet Singgih

Dalam buku memoar yang ia tulis, Jenderal Singgih menuliskan skrip percakapan akrab dengan TW. Mantan staf ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral era Presiden SBY ini pertama kali bertemu dengan Tomy diperkenalkan bos Agung Sedayu Group, Aguan Sugianto. Pertemanan lebih banyak dalam kegiatan bisnis, terutama di Palembang sampai Lampung.


All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.