Gunung Piramid

Hilangnya pendaki Gunung Piramid, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur bernama Thoriq Rizki Maulidan diduga tubuhnya tergelincir masuk ke jurang karena kondisi puncak licin.

Awalnya Thoriq naik menuju puncak bersama tiga temannya, Minggu, 23 Juni 2019, tapi sebelum sampai puncak, satu rekannya memutuskan untuk turun karena tidak sanggup melanjutkan perjalanan. Thoriq dan kedua temannya melanjutkan pendakian.

Ketiganya akhirnya memilih untuk tidak mendaki sampai puncak dan turun. Tapi Thoriq ditinggal kedua temannya di belakang.  Ketika sampai di bawah, Thoriq belum terlihat.

Dalam kondisi seperti itu, kedua temannya melapor ke pihak berwenang setempat. Pencarian Thoriq kemudian dilakukan PMI Kabupaten Bondowoso, Basarnas, TNI, dan warga sekitar.

Hingga kini, Kamis, 4 Juli 2019 keberadaan Thoriq masih belum diketahui. Kejadian hilangnya pendaki Thoriq adalah peristiwa yang sudah sering terjadi.

Kondisi Gunung Piramid

Gunung Piramid terletak di wilayah bagian barat Bondowoso, di desa Tegal Tengah, Kecamatan Curahdami. Gunung ini diapit di antara Gunung Salak, Gunung Krincing, dan Gunung Saeng.

Disebut Gunung Piramid karena puncak gunung tersebut menyerupai piramid yang ada di Mesir jika dilihat dari kejauhan. Gunung ini memiliki ketinggiannya 1.521 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Tingginya di bawah gunung-gunung ternama, seperti Gunung Semeru di Malang dan Lumajang (3.676 MDPL), Gunung Arjuna di Malang (3.339 MDPL), atau Gunung Raung di Banyuwangi (3.332 MDPL).

Puncak Piramid tidak seluas gunung-gunung lainnya dan lebarnya sekitar lima meter. Diimbau untuk tidak mendirikan tenda di puncak. Selain itu, jika hujan berisiko tersambar petir. Dari puncak Gunung Piramid bisa melihat pemandangan Kota Bondowoso  dari atas. Jalur menuju puncak terbilang ekstrem dengan kemiringan 45-80 derajat.

Jalur yang lebarnya tidak sampai satu meter ini berbahaya karena kanan-kiri punggungannya merupakan jurang. Jalur ini dijuluki punggung naga atau Siratal Mutakim.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.