Empat Destinasi Wisata Kowane Selatan


Kendari (Kendari) - Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki empat destinasi wisata andalan yang menakjubkan untuk dikunjungi wisatawan domestik maupun asal mancanegara.

Kepala Dinas Parawisata Konawe Selatan Subair di kota Kendari, Selasa, mengatakan pemerintah daerah, DPRD dan penggiat wisata bersinergi membenahi infrastruktur dan sarana pendukung lainnya agar menarik dikunjungi para pelancong.

"Empat destinasi wisata yang dimiliki Konawe Selatan, yakni Air Terjun Moramo, Pulau Hari, Taman Nasional Rawa Aopa dan Desa Wisata Namu eksotis bagi siapa saja yang berkunjung. Orang Konawe Selatan pun masih banyak yang belum berkunjung," kata Subair.

Selain peningkatan jalan menuju destinasi wisata dan sarana pendukung lainnya juga Dinas Pariwisata Konawe Selatan bersinergi dengan penggiat sektor wisata untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pembangunan sektor wisata.

"Warga sekitar lokasi wisata harus dididik menjaga kebersihan, pola hidup yang baik, tata krama menerima tamu sehingga terjadi interaksi yang nyaman. Ini penting sehingga para pelancong terkesan dan memutuskan untuk berkunjung kembali," katanya.


Ketua DPRD Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara Irham Kalenggo mengatakan selain empat obyek wisata tersebut Konawe Selatan juga memiliki Pantai Senja dan Pulau Lara yang membutuhkan sentuhan penggiat wisata yang inovatif.

"Masyarakat dan pemerintah mengundang wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi distinasi wisata Konawe Selatan. Untuk menjangkau lokasi wisata di Konawe Selatan cukup berkendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekitar empat jam. Kalau Pulau Hari dapat menggunakan sarana transportasi kapal," kata Irham.

Ia mengajak pemerintah desa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk memprogramkan pembenahan sarana pendukung lokasi wisata yang bersumber dari dana desa.

"Pemerintah Pusat mengalokasikan dana desa yang cukup memadai untuk membiayai aspek-aspek yang berdampak memberi kesejahteraan kepada warga desa, termasuk membangun potensi wisata," kata politisi Partai Politik Golkar tersebut.
Previous Post Next Post

Contact Form