Phon Sengon


Kegiatan yang dilakukan oleh PT Timah Tbk akan menerapkan reklamasi pascatambang sistem tumpang sari, diapresisai oleh PT Sekawan Sumber Sejahtera atas pemilihan sengon sebagai tanaman tumpang sari, sehingga kegiatan rehabilitasi lahan bekas tambang bijih timah tersebut bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian keluarganya.

"Saat ini kita sedang menyusun rencana induk reklamasi tumpang sari di lahan bekas tambang yang sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah," kata Direktur Operasi dan Produksi PT Timah Tbk Alwin Albar di Pangkalpinang, Rabu.

Agus dari PT Sekawan Sumber Sejahtera mengatakan, reklamasi tumpang sari yaitu penanaman pohon berumur panjang seperti buah-buahan, sawit, karet, sengon (Albizia chinensis) dan berbagai jenis pohon lainnya juga ditanami berbagai tanaman berumur pendek minsalnya cabai, bawang, jagung, tomat dan sayur mayur lainnya, akan menjaga panen yang berkelanjutan sesuai dengan jenis tanaman dan umur panen.

"Saat ini kita sedang berupaya bagaimana caranya masyarakat yang biasa menambang beralih ke sektor pertanian dengan memanfaat atau mengelola lahan bekas tambang ini," ujar Alwin dari PT Timah Tbk.

Ia mengatakan penerapan reklamasi tumpang sari ini, karena adanya Permen ESDM dan Minerba memwajibkan penanaman di lahan reklamasi tertutup 100 persen oleh tanaman keras dan tidak dibolehkan lagi menanami tanaman jangka pendek.

"Nanti berbagai tanaman keras ini diselingi dengan sayur mayur, agar kegiatan reklamasi tersebut bisa menimbulkan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Beliau menambahkan apabila lahan reklamasi ini hanya ditanami tanaman keras atau berumur panjang, tentu membutuhkan waktu lama masyarakat menikmati hasil dari tanaman buah-buahan, sawit, sengon karet dan lainnya.

"Pada intinya PT Timah berkomitmen mengreklamasi dan merehabilitasi pasca-tambang yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya," katanya.

PT Sekawan Sumber Sejahtera adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis pabrik kayu lapis di Temanggung, Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan plywood nasional dan juga diekspor ke beberapa negara di kawasan Asia.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.