Apakah Anda pernah mendengar nama Kota Lamongan? Kota Lamongan merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Kota Lamongan juga merupakan salah satu kota yang terdapat di pesisir utara Jawa. 

Di Kota Lamongan ini kaya akan keanekaragaman kuliner yang dimiliki sehingga banyak dari beberapa orang yang penasaran seperti apa kuliner yang berasal dari Kota Lamongan ini. Bagi Anda yang penasaran mengenai makanan dan minuman khas Lamongan ini maka Anda dapat menyimak pembahasan selengkapnya di sini.

Inilah 5 Kuliner Sedap Khas Lamongan Yang Wajib Untuk Dicoba

5 Jenis Makanan Dan Minuman Khas Lamongan


Soto Lamongan

Soto Lamongan merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Kota Lamongan dan bahkan Soto Lamongan ini juga telah dikenal oleh banyak orang di berbagai daerah. Banyak yang beranggapan bahwa kelezatan dari Soto Lamongan ini sama seperti Coto Makassar.

Adapun ciri khas dari Soto Lamongan ini ialah kuahnya yang berwarna kuning serta rasa rempah-rempah yang merasuk ke dalamnya sehingga soto ini memiliki cita rasa khas tersendiri. Selain itu, adanya campuran seperti bihun, telur ayam, irisan kol, tomat dan daging ayam ini juga membuat soto ini semakin menggugah selera dan mampu menggoyang lidah bagi siapa saja yang menyantapnya.

Tahu Campur Lamongan

Makanan yang bernama tahu campur ini sebenarnya merupakan makanan yang menjadi simbol atau ikon di Jawa. Tahu Campur Lamongan ini dapat dengan mudah Anda temui di pinggiran Kota Lamongan saat malam hari.

Adapun komposisi dari tahu campur ini terdiri dari tahu, daging sapi, toge, daun selada, lontong serta perkedel dari ketela pohon. Makanan ini pun akan tersaji dengan tambahan kuah yang sebelumnya sudah dicampurkan dengan petis udang.

Wingko Babat Lamongan

Wingko babat merupakan kuliner tradisional yang terbuat dari kelapa, ketan dan juga berbagai bahan campuran lainnya. Wingko babat ini sendiri memiliki rasa yang manis dengan bentuk bulat yang berwarna cokelat. Kuliner yang satu ini cocok dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh yang cocok ketika Anda berkunjung ke Kota Lamongan ini.

Nasi Boranan

Berawal dari sebutan dari tempat untuk menyimpan nasi yang bernama Boran inilah maka makanan khas Lamongan yang satu ini diberi nama Nasi Boranan. Nasi Boranan ini merupakan makanan khas Lamongan yang terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan juga rempeyek.

Bumbu yang digunakan untuk Nasi Boranan ini berasal dari rempah-rempah yang telah dihaluskan. Dalam penyajiannya Nasi Boranan ini disajikan dengan dilapisi daun pisang. Makanan yang satu ini dapat Anda jumpai di pasar-pasar kota serta beberapa pinggir jalan di Kota Lamongan.

Es Dawet Siwalan

Selain memiliki berbagai makanan khasnya, ternyata Lamongan juga memiliki minuman khas yang bernama es dawet siwalan. Siwalan sendiri merupakan salah satu jenis buah-buahan yang langka karena tidak tidak semua daerah memiliki buah yang satu ini. Buah siwalan ini adalah sejenis palem yang dapat tumbuh di daerah yang kering seperti di pesisir pantai utara Jawa.

Es dawet siwalan ini cocok menjadi minuman yang cocok bagi Anda penyuka minuman dingin. Di Kota Lamongan sendiri es dawet siwalan juga telah memiliki banyak peminat. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan es dawet siwalan ini Anda dapat menjumpainya di Alun-Alun Kota Lamongan karena di sinilah banyak penjual yang menjual es dawet siwalan ini.

Nah, itulah ulasan mengenai lima jenis makanan dan minuman khas yang berasal dari Kota Lamongan. Dengan adanya berbagai kuliner khas Lamongan ini juga menjadi secara tidak langsung juga menambah keanekaragaman kuliner khas nusantara. Selain itu, dengan hadirnya kuliner khas Lamongan ini juga sebagai ajang memperkenalkan Kota Lamongan untuk semakin dikenal oleh banyak orang.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.