Memulai bisnis memang sangat menguntungkan, entah dalam hal pekerjaan utama atau sekedar pekerjaan tambahan. Apalagi sekarang sudah banyak kemudahan yang diberikan jika kita ingin memulai suatu bisnis, seperti pinjaman modal. 

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulai Bisnis

Tidak jarang orang yang sudah punya pekerjaan yang ikut mencoba peruntungan di ranah bisnis karena penghasilannya yang sangat menjanjikan. Namun sebelum membuka suatu bisnis, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Karena segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan maksimal untuk menghindari terjadinya kegagalan dalam berbisnis.

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis


Produk

Sebelum memulai bisnis kita harus menentukan produk apa yang akan kita tawarkan dalam bisnis kita nanti. Produk yang dimaksud dapat berupa barang dan jasa. Dan alangkah lebih baik jika bisnis yang dikembangkan adalah bisnis yang sesuai dengan passion yang dimiliki pebisnis. 

Sebagai contoh, jika pebisnis suka memasak, maka bisa membuka bisnis di bidang kuliner, jika hobi olahraga maka bisa membuka bisnis di bidang olahraga dan seterusnya. Karena suatu bisnis akan berkembang jika kita menjalaninya dengan ikhlas dan suka hati, dan menjadikan hobi kita sebagai ladang bisnis adalah hal yang tepat.

Adapun yang perlu diperhatikan adalah keunggulan produk, cara mendapatkan bahan baku, teknologi pembuatan bahan baku, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus dipertimbangkan.

Sistem Manajemen

Dalam rangka memulai bisnis, sistem manajemen memang sangatlah penting. Karena sistem manajemen mengatur segala hal yang menjadi peraturan dan wewenang pimpinan dan anggotanya. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah sistem operasional dari perusahaan, jalur operasional dan sebagainya. 

Untuk sistem kepemimpinan alangkah lebih baik jika menggunakan sistem kepemimpinan tunggal. Karena akan lebih mudah dalam mengarahkan, mengurangi terjadinya informasi yang berlainan karena adanya kebijakan tumpang tindih dan lainnya. 

Analisa Pasar

Jika kita sudah mengetahui produk yang akan kita kembangkan serta sistem manajemennya, langkah selanjutnya adalah analisa pasar. Karena pemasaran produk tidak akan berhasil jika analisa pasar tidak baik. Yang terpenting adalah kita mengetahui siapa sasaran konsumen dari produk kita dan berapa banyak produk kita dibutuhkan di pasaran. 

Jika produk kita sudah di uji coba ke konsumen langsung, maka kita harus melihat respon dari para konsumen mengenai produk kita. Selain itu, penting bagi kita untuk mengetahui siapa saja yang akan menjadi kompetitor kita saat sudah memulai bisnis.

Strategi Pemasaran

Pemasaran sangat penting untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya dalam produk kita. Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah brand produk, penjelasan akan strategi penjualan, kegiatan promosi yang akan kita lakukan, dan kita harus menentukan apakah dalam pelaksanaan pemasaran nanti kita yang mendatangi konsumen atau justru sebaliknya.

Analisa Keuangan

Dalam suatu bisnis, analisa keuangan sangatlah penting, butuh ketelitian ekstra dalam analisa ini. Kita harus mempertimbangkan kebutuhan total investasi, darimana kebutuhan investasi terpenuhi, darimana asalnya pendapatan usaha, penyusutan alat-alat dengan jangka waktu pakai tertentu, dan juga harga pokok dari produk tersebut. Semua harus dipertimbangkan dengan matang-matang agar kita tidak mengalami kerugian.

Usaha memang sangat menguntungkan jika berjalan dengan sesuai harapan, namun kita harus memastikan semua hal diatas dipersiapkan dengan matang-matang, agar semuanya dapat berjalan seimbang jika kita sudah memulai bisnis. 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.