Pangkalpinang, 5/6 (Benhi) - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka lima posko mudik untuk memberi keamanan dan kenyamanan masyarakat yang mudik Lebaran.

"Kita dirikan lima posko mudik di beberapa titik seperti terminal, pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan, dan di tempat wisata agar arus mudik masyarakat berjalan lancar," kata Kepala Dinas Perhubungan Babel, K.A Tajuddin, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan beberapa instansi terkait untuk pendirian posko mudik, karena di masing-masing posko sesuai lokasi penempatannya akan ditempatkan berbagai unsur, baik kepolisian, dinas perhubungan, dinas kesehatan, jasa raharja, Basarnas, dan unsur lainnya untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik.

"Kita juga menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi apabila terjadi sesuatu atau kondisi darurat dan beberapa petugas untuk siaga mengambil langkah dan tindakan tertentu untuk pemulihan keadaan atau situasi darurat," ujarnya kepada Benhil dan Tagar situs berita online Indonesia.

Keberadaan posko-posko ini juga berfungsi untuk memonitor perjalanan mudik dan angkutan Lebaran. Petugas diwajibkan membuat laporan secara berjenjang dari tingkat operator di lapangan ke posko Dishub kabupaten/kota, selanjutnya dilaporkan ke Dishub Provinsi untuk kemudian diteruskan laporannya ke Kementerian Perhubungan.

"Dengan adanya laporan berjenjang seperti ini diharapkan jika terjadi sesuatu di lapangan dapat segera diambil tindakan secepatnya, agar situasi dan kondisi tetap dapat terpelihara secara kondusif di Bangka Belitung," ujarnya.

Tajuddin menambahkan untuk memperketat keamanan arus mudik, pihak kepolisian juga menyiapkan 12 pos keamanan dan 2 pos pelayanan untuk memberi keamanan dan kenyamanan arus mudik masyarakat.

Sedangkan Dinas Perhubungan sendiri akan membuat posko di Kantor Dishub sebagai pusat komando monitoring mudik dan angkutan Lebaran, dan sesuai arahan Menteri Perhubungan.

"Posko arus mudik Bangka Belitung mulai kita siapkan pada H-10 sampai dengan H+10 hari raya Idul Fitri 1439H," ujarnya. 


All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.