PDAM Jepara

Jepara (Benhil, 25/4/2018) - PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Jepara, tahun ini akan mencoba untuk bisa mencapai target 50 ribu pelanggan. Beberapa upaya dilakukan untuk bisa mencapai capaian ini dengan beberapa program. Diantaranya adalah program MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), yang sudah dipastikan akan memberi tambahan 5000 pelanggan baru. Diluar itu PDAM Jepara juga menyatakan sudah membuat supporting program.

Direktur Utama PDAM Jepara, Prabowo, menyatakan program MBR merupakan program yang dilaksanakan berkerja sama dengan pemerintah pusat. PDAM Jepara yang menargetkan bisa mendapatkan tambahan 5000 pelanggan melalui program ini termasuk pencapaian yang besar. Sebab dengan angka itu Jepara berada di urutan ke-3 se-Indonesia. Dibawah Bandung (10 ribu pelanggan) dan Banyumas (7.500 pelanggan).

Program MBR sendiri merupakan program subsidi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk bisa mendapatkan sambungan air PDAM. Jika secara regular biaya sambungan mencapai Rp1.350. 000, maka dengan program ini, masyarakat hanya membayar Rp450 ribu/sambungan. Sejak awal tahun program ini sudah digulirkan oleh PDAM Jepara, dan pada Maret lalu, jumlah pendaftar sudah mencapai 5.200 calon pelanggan. Bulan Mei ini, program MBR akan direalisasikan dengan mewujudkan sambungan-sambungan baru dan segera diberikan pelayanan.

“Memberikan paket program MBR sebenarnya juga memiliki konsekuensi. Sebab kami harus menyiapkan support programnya juga. Diantaranya adalah penyediaan air baku dan kesiapan dari jaringannya sendiri. Jadi tidak asal membuka target karena ada subsidi dari pemerintah,” ujar Prabowo, Rabu (25/4) pada awak media, Benhil, Tagar News dan Beritagar.

PDAM Jepara sendiri sampai 2018 ini sudah memiliki 82 sumur air baku. Menurut rencana PDAM Jepara akan menambah 9 sumur baru untuk mendukung program MBR pada tahun 2019. Jaringan distribusi juga sudah terus dikembangkan untuk menyokong program pelayanan air bersih yang dibutuhkan. Sejauh ini sudah ada 46 ribu pelanggan yang tersebar di 16 kecamatan. Diluar program MBR, maka pada program regular PDAM Jepara menargetkan bisa meraih 1 ribu pelanggan baru pada 2018 ini.

“Untuk sumur baru saat ini kami masih melakukan lelang pengerjaannya. Nantinya jika 9 sumur baru itu bisa beroperasi, maka aka nada tambahan ketersediaan air baku dengan kapasitas sebanyak 90 liter per detik,” tambah Prabowo. (Alf)


All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.