Pengrajin Gianyar


Singaraja, 3/9 (Benhil) - Pengrajin asal Desa Batubulan, Kabupaten Gianyar memamerkan aneka jenis asesoris bernuansa Hindu pada pagelaran Festival Kubutambahan di wilayah Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Ada banyak asesoris seperti aneka jenis kalung dan gelang. Juga ada beberapa jenis patung Dewa," kata Made Budimanta, salah seorang penjual, Minggu.

Ia mengatakan, berbagai jenis asesoris Hindu memang sedang digandrungi masyarakat. Utamanya jenis gelang tridatu atau benang tiga warna, putih, hitam dan merah.

Selain itu, berbagai jenis kalung juga banyak peminat. Tridatu dengan berhiaskan liontin omkara atau lambang Tuhan juga sangat banyak peminat.

"Paling banyak memang jenis kalung dan juga gelang. Patung ada yang beli tetapi hanya beberapa saja. Jenis kalungan bunga juga banyak yang mencari," kata dia.

Berbagai jenis asesoris dijual dengan kisaran harga antara Rp. 5 ribu hingga ratusan ribu. Tergantung jenis dan ukuran dari asesoris itu sendiri.

"Paling mahal memang jenis patung dengan ukuran besar. Harganya bisa mencapai ratusan ribu. Yang kecil ada dan harganya lebih murah memang," tutur dia.

Budi mengaku selalu ikut dalam berbagai ajang festival dan pameran karena masyarakat yang datang selalu ramai dan membludak. memudahkannya memasarkan berbagai asesoris yang ada.

"Pameran di Buleleng selalu ikut dan itu setiap tahun. Pendapatan lumayan bisa mencapai puluhan juta jika waktunya lebih dari seminggu," demikian paparnya. (Ben/An)
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.