Diplomatik

London,15/9 (Benhil) - Menteri Energi Lithuania Zgymantas Vaiciunas dan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof. Dr. Arief Hidayat SH, MS, menghadiri resepsi diplomatik sekaligus peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI yang diadakan KBRI untuk Kerajaan Denmark merangkap Lithuania.

Kegiatan itu dilaksanakan di Narutis Hotel, Vilnius, Lithuania, Kamis (14/9), laporan KBRI Kopenhagen yang diterima Antara London, Jumat.

Acara resepsi diplomatik itu dihadiri sekitar 200 orang, diawali dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Lithuania "Tautiska Giesme".

Selaln Menteri Energi Lithuania Zgymantas Vaiciunas, juga hadir Wakil Ketua Parlemen (SEIMAS) Lithuania Gediminas Kirkilas, Kepala Penasehat Presiden Lithuania Nerijus Aleksiejunas, seluruh Korps Diplomatik Asing yang berada di Lithuania, Konsul Kehormatan RI di Lithuania Julijus Novickas, Friends of Indonesia, pengusaha dan mitra Bisnis Indonesia serta masyarakat/diaspora Indonesia setempat.

Ketua Mahkamah Konstitusi RI Prof. Dr. Arief Hidayat SH, MS, beserta rombongan yang secara bersamaan sedang berada di kota Vilnius dalam rangka mengikuti Kongres Internasional ke 4 World Conference on Constitutional Justice (WCCJ) juga menghadiri acara resepsi itu.

Pada kesempatan itu, Dr Arief Hidayat secara khusus menyampaikan sambutan terkait sejumlah poin penting di antaranya perkembangan ekonomi terkini serta peran serta Indonesia yang senantiasa mendukung perdamaian di dunia terbukti dengan pencalonan sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019 - 2020.

Menteri Energi Lithuania Zygimantas Viciunas menyampaikan Indonesia merupakan mitra penting bagi negaranya, dan diharapkan sejumlah kerja sama dapat dilakukan dengan melihat potensi Indonesia yang cukup besar.

Sementara itu Dubes RI untuk Lithuania M. Ibnu Said menegaskan pentingnya peningkatan kerja sama di berbagai bidang dengan negara tersebut, khususnya pascakunjungan bersejarah Presiden Lithuania ke Jakarta Mei lalu.

Dalam kegiatan ini tamu undangan menikmati hidangan kuliner Khas Indonesia seperti Nasi tumpeng lengkap, Sate, Rendang, serta beberapa makanan ringan dan jajanan pasar termasuk martabak manis dan martabak telur, yang disajikan juru masak handal Rusliyawan.

Selain menikmati hidangan undangan dihibur dengan tarian tradisional Indonesia "Kandagan" dari Jawa Barat ditarikan penerima Darmasiswa yang menempuh pendidikan seni di Indonesia Egle Kardiukovaite.

Dalam kesempatan ini seluruh tamu melihat beberapa stan produksi Tanah Air, seperti batik dan berbagai produk perdagangan yang disediakan oleh KBRI seperti Mayora dengan produk unggulan Kopiko Coffee Shot Candy, kopiko Volcanic Coffee, dan Astor Chocolate Sticks termasuk berbagai produk lainnya dan sejumlah suvenir Wonderful Indonesia.

Sebelumnya KBRI Kopenhagen melakukan kegiatan Promotion of Indonesian Cuisine in Collaboration with Narutis Hotel Vilnius, menampilkan sejumlah hidangan masakan dan disajikan saat santap pagi tamu yang menginap di Hotel Narutis dengan menu khas Indonesia antara lain Nasi Goreng, dan Bihun Goreng.

Selain mengadakan sejumlah agenda terkait peringatan HUT RI, Dubes berkesempatan bertemu dan bertatap muka dengan 30 penerima Darmasiswa Lithuania yang pernah belajar berbagai ilmu dan jurusan di Indonesia dan masyarakat serta Diaspora Indonesia yang bermukim di negara itu. (Ben/An/ZG)
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.