Tips menjaga kesehatan selama liburan akhir pekan menjadi sebuah topik yang menarik untuk diketahui karena sebagian besar orang memiliki waktu luang hanya ketika akhir pekan saja. Terutama orang-orang yang bekerja maupun yang masih bersekolah.

Menjaga Kesehatan


Banyak kegiatan yang dapat mereka lakukan ketika akhir pekan tiba, seperti mengunjungi sebuah tempat wisata bersama keluarga ataupun hanya menghabiskan waktu di rumah saja dengan menonton film kesukaan. Walaupun terdapat kegiatan yang dapat anda lakukan ketika akhir pekan, lebih baik jika anda memanfaatkan waktu tersebut untuk berolah raga agar badan anda tetap sehat.

Apabila anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk berolahraga ataupun melakukan aktivitas tubuh yang dapat menjaga kesehatan anda, setidaknya anda menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Di Bawah Ini Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Liburan Akhir Pekan 


Gunakan masker

Ketika anda memutuskan untuk keluar rumah dengan tujuan untuk bertamasya bersama keluarga atupun sekedar ingin mencari angin ketika liburan akhir pekan, jangan sampai lupa untuk menggunakan masker, dikarenakan terdapat banyak debu serta polusi yang dapat mengganggu kesehatan anda.

Masker memiliki fungsi untuk menjaga hidung dan mulut, agar tidak mudah terserang bakteri jahat yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, serta dapat memicu berbagai macam penyakit. 

Rajin cuci tangan

Rajin mencuci tangan dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ketika liburan weekend, karena dapat mencegah masuknya bakteri jahat melalui tangan anda. Karena tangan dapat menjadi tempat terdapat bakteri dan kuman yang mudah masuk dan menular melalui tangan.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup perlu dilakukan agar dapat melemaskan otot-otot yang tegang karena lelah bekerja. Selain itu kegiatan ini dapat mengurangi rasa jenuh dalam diri anda. Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, anda harus memiliki tidur yang berkualitas. Tidur berkualitas bisa anda dapatkan dengan tidur 8 jam setiap harinya.

Kurangi waktu duduk

Duduk dalam waktu yang relatif lama dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan anda. Apalagi anda yang telah lelah bekerja selama berhari-hari dalam seminggu dengan duduk di depan layar komputer. Ketika akhir pekan datang, usahakan untuk mencari aktifitas fisik yang dapat menghindarkan anda dari duduk yang terlalu lama.

Membersihkan perabot rumah

Perabotan rumah tangga yang jarang dibersihkan dapat menjadi sumber terdapat banyak penyakit, untuk itu manfaatkan waktu luang ketika akhir pekan untuk membersihkan barang-barang tersebut. Hal ini dapat menjadi tips menjaga kesehatan tubuh selama liburan akhir pekan yang memberi banyak manfaat, selain dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit, membersihkan perabot rumah dapat mempercantik rumah anda.

Gunakan vaksin anti flu

Menggunakan vaksin anti flu telah dipercaya dapat membantu tubuh untuk menghindari berbagin penyakit seperti flu, kebiasaan baik ini dapat dilakukan rutin 2 minggu sebelum pergi ke sebuah tempat wisata yang akan dikunjungi.

Tidak mengkonsumsi suplemen vitamin

Di sebabkan karena kebutuhan tubuh akan vitamin tidaklah banyak, mengkonsumsi suplemen vitamin tidaklah banyak memberi manfaat, lebih baik jika mengkonsumsi suplemen vitamin diganti dengan buah-buahan dan sayuran. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh tanpa harus mengkonsumsi suplemen vitamin yang berbentuk olahan produk.

Kurangi merokok

Merokok menjadi salah satu penyebab kematian yang paling sering kita dengar, oleh karena itu jika anda seorang perokok, ada baiknya jika anda mengurangi jumlah rokok yang anda konsumsi sehari-harinya. Ini merupakan tips menjaga kesehatan tubuh selama liburan akhir pekan yang cukup efektif, namun leih baik lagi jika anda berhenti merokok. Hal ini dapat membantu anda terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.