Still Life, mungkin fotografi jenis ini tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan fotografi lainnya seperti human Interest, landscape, street fotografi, atau bahkan portrait. Namun, saat ini fotografi still Life menjadi salah satu fotografi yang sedang diminati oleh para pecinta foto.

5 Teknik Membuat Foto Still Life Anda Menjadi Menarik


Still Life merupakan teknik fotografi yang paling unik diantara teknik fotografi lainnya. Karena, dalam melakukan teknik fotografi ini diperlukan kreativitas dari seorang fotografer. 

Jika biasanya dalam fotografi kita memotret objek hidup seperti manusia atau hewan, tetapi tidak halnya dalam fotografi jenis ini. Karena still Life merupakan jenis fotografi yang dilakukan dengan cara memotret objek mati seakan-akan seperti hidup.

5 Cara Membuat Foto Still Life Menarik


Untuk melakukan jenis fotografi ini cukup sulit karena fotografer diharuskan memiliki imajinasi terhadap objek gambar atau benda mati agar terlihat sepeti objek hidup pada umumnya. Bukan hanya itu saja, fotografi still Life juga memerlukan beberapa teknik yang harus dilakukan oleh sang fotografer agar objek foto yang diambil dapat menjadi menarik. Berikut adalah 5 cara membuat foto still Life menjadi lebih menarik.

Menentukan Tema Foto yang Menarik

Hal yang paling penting dalam melakukan fotografi jenis ini adalah menentukan terlebih dahulu tema apa yang akan dibuat. Dalam hal fotografer harus dituntut dapat berimajinasi. Fotografer dapat menentukan tema yang menarik dan unik melalui imajinasinya tersebut. Tema foto yang diambil dapat dilakukan dengan memanfaatkan objek mati disekitar kita yang bisa dirancang seperti benda hidup.

Melakukan Persiapan yang Matang

Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah melakukan persiapan yang matang. Persiapkanlah properti atau barang-barang yang diperlukan dalam pengambilan gambar. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan beberapa komposisi lain, seperti background untuk pengambilan gambar. 

Selain itu dalam pengambilan fotografi jenis ini juga dapat dibantu oleh tripod agar lebih stabil, terutama jika anda mengambil gambar dalam shutter seed lambat. Dan yang paling penting adalah kamera, karena tanpa adanya kamera fotografi still Life tidak akan berjalan.

Memperhatikan Angle

Kunci utama dalam pengambilan foto still Life adalah angle. Dalam fotografi still Life sangat diperlukan angle yang tepat, karena melalui angle yang tepatlah objek benda mati tersebut dapat terlihat seakan-akan seperti benda hidup. Jika Anda salah dalam pengambilan angle maka foto still Life bisa saja tidak berhasil.

Pencahayaan

Pencahayaan dalam fotografi still Life juga harus diperhatikan. Pencahayaan yang paling bagus adalah pencahayaan yang memiliki komposisi yang tepat. Sebaiknya cahaya yang diambil dalam foto tidak terlalu terang atau gelap. Jika Anda melakukan pengambilan gambar di dalam ruangan, Anda bisa menambah cahaya dengan menggunakan Item tambahan seperti lighting. Atau juga Anda bisa mengambil gambar dengan memanfaatkan sinar matahari atau flash bawaan kamera.

Mengembangkan Kreatifitas 

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan sekaligus langkah terakhir adalah mengembangkan kreatifitas. Anda dapat mengatur objek foto yang diinginkan. Jangan ragu untuk mengaturnya, karena Anda bisa membebaskan kreativitas di sini untuk mendapatkan hasil foto yang menarik sekaligus unik. Semakin tinggi kreativitas yang dimiliki, maka semakin menarik juga hasil foto yang akan didapatkan.

Untuk mendapatkan foto still Life sebenarnya susah-susah gampang. Jika ingin melakukan teknik fotografi still Life, tidak ada salahnya Anda dapat mencoba beberapa cara di atas yang telah dijabarkan tadi.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.