Mata minus atau rabun merupakan suatu keadaan kesehatan mata yang bermasalah, dimana kita tidak dapat melihat suatu objek dengan jelas. Untuk kasus mata minus sendiri dapat digolongkan menjadi dua yaitu mata minus rabun jauh dan rabun dekat. Mata minus rabun jauh adalah kelainan pada mata yang tidak mampu melihat dengan jelas, baik benda atau objek dengan jarak jauh. 

Tips Menurunkan Mata Minus Secara Alami


Bagi kamu yang menderita mata minus, pasti akan mencari cara mengurangi mata minus agar penglihatan dapat kembali normal. Menderita mata minus memang membuat beberapa hal menjadi terbatas seperti salah satu contohnya yaitu olahraga. 

Selain itu gejala dan penyebab mata minus juga bisa dirasakan ketika kita melihat objek jauh bahkan huruf dan angka terlihat remang-remang. Lalu bagaimana cara mengobati mata minus agar tidak semakin bertambah? Simak ulasannya lengkapnya dibawah ini.

Melepas kacamata

Jika anda menggunakan alat bantu kacamata, maka lepaskan kacamata ketika sedang tidak diperlukan misalnya saat anda sedang berada dirumah, sedang istirahat atau ketika tidur. Cara ini dapat anda lakukan apabila anda masih memiliki kemampuan untuk melihat saat beraktifitas normal.

Konsumsi wortel

Selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi wortel, cara menyembuhkan mata minus dengan cepat yaitu dengan meningkatkan konsumsi wortel. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yang mana sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata anda. 

Dengan rutin mengkonsumsi wortel setiap harinya akan sangat membantu untuk menyembuhkan mata minus, dan mencegah minus semakin berkurang. Wortel dapat diolah dengan berbagai cara contohnya menu sayuran, jus, dan bisa dimakan secara langsung.

Lakukan terapi sirih

Daun sirih memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya adalah membuang kotoran dan mematikan kuman dan jamur pada mata. Cara untuk melakukan terapi daun sirih sebagai berikut.
  1. Ambil 2 lembar daun sirih
  2. Cuci sampai bersih, hindari merebus daun karena akan mengeluarkan zat-zat yang terkandung di dalamnya.
  3. Tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur, bisa menggunakan bantuan plester agar menempel pada mata.
  4. Pagi harinya, lepas daun sirih dan cuci bersih mata dan wajah anda. 

Terapi mata

Latihlah mata untuk melihat benda-benda yang juah tanpa menggunakan kacamata. Misalnya coba lihat pemandangan yang indah seperti persawahan, pegunungan, dan tempat lainnya yang jauh. Lakukan terapi ini secara rutin untuk melatih mata anda. Terapi mata minus juga dapat dilakukan dengan melihat objek yang bergerak. 

Benda-benda yang bergerak bisa ditemui di jalan raya seperti mobil, sepeda motor atau orang yang beralu lalang di jalan. Perhatikanlah dengan detail setiap gerakannya untuk melatih penglihatan mata anda.

Senam mata

Senam mata sangat baik dilakukan karena dapat melatih kelenturan otot mata, selain itu juga cara ini merupakan cara mengurangi mata minus yang paling popular dan sangat cepat terasa khasiatnya. Cara melakukan senam mata adalah dengan 
  1. Meluruskan mata kedepan
  2. Gerakan pandangan kearah atas secara perlahan-lahan dan pertahankan Selama 10 detik. 
  3. Lalu gerakan bola mata kembali ke tengah dan mempertahankan selama 10 detik. 
  4. Lakukan poin 2 sampai 3 untuk kearah bawah, kanan, dan kiri. 
  5. Setelah poin ke 4 selesai dilakukan, lakukan gerakan memutar bola mata anda 360 derajat searah jarum jam selama 2 x. 
  6. Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik. 
  7. Lakukan poin kelima namun kali ini balikkan dari arah jarum jam. 
  8. Lakukan pada pagi dan sore hari.


All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.