Melihat realita kualitas listrik yang ada di negeri ini, sering kita dibuat kesal di karenakan sering mati lampu, tidak stabil atau lainnya. Mestinya hal tersebut sangat menggangu kinerja anda yang sering di depan laptop dan ditambah akan mengurangi umur alat elektronik anda.

Dengan kemajuam Teknologi saat ini, sebagian orang menggunakan UPS untuk mengatasi hal tersebut. Namun pertanyaannya apakah UPS itu? Apa efektif untuk mengatasi masalah listrik yang tidak stabil dan sering mati? Bagaimana sistem kerjanya?


Mari mengenal apa itu UPS dan apa fungsinya untuk perangkat keras yang kita miliki


Mengenal apa itu UPS

Sebelum untuk memutuskan memakai dan membeli UPS, ada baiknya anda mengetauhi apa itu UPS dan apa kepanjangannya? Kepanjangan dari USP adalah Uninterruptible Power Source, perangkat penyedia listrik / listrik cadangan ketika listrik utama padam.

Dan power dari UPS itu sendiri bersumber dari baterai, sehingga daya yang di keluarkan terbatas hanya beberapa saat saja. Sekitar 15 – 5 menit saja. Tentu hal ini tidak bisa untuk anda yang membutuhkan pasokan listrik lebih banyak.

Apa fungsi UPS, pengaruh apa yang diberikan pada perangkat keras kita?

Jelas fungsi UPS adalah untuk melindungi perangkat elektronik anda yang tidak bisa menerima matinya pasokan listrik secara tiba-tiba, seperti komputer, konsul game dan lain-lain. Jika anda ingin melindungi perangkat listrik lainnya, selain biaya yang lebih mahal tidak praktis juga.

Nah, untuk bijak dalam hal ini, sebaiknya anda tilik perangkat maka saja yang layak untuk di pasangi UPS? Mulai dari harga perangkat itu sendiri atau isi dari perangkatnya, jika anda memiliki komputer jadul dengan nilai aset 500 ribu saja akankah anda berikan UPS? Tentu tidak kan? Namun berbeda jika komputer kerja dengan nilai aset puluhan juta didalamnya ditambah file penting. Maka wajib bagi anda untuk memberinya UPS.

Seberapa sering listrik di rumah padam?

Pertimbangan selanjutnya tentu masalah keadaan lisrik di daerah rumah anda, jika anda tinggal di kota besar yang biasanya jarang mati listrik dan daya listriknya lebih stabil maka tidak perlu untuk memasang UPS di setiap perangkat penting yang anda miliki. Namun jika sebaliknya maka segera sisihkan budget untuk melindungi aset anda.

Tempat anda daerah rawan petir?

Untuk sebagian daerah seperti di wilayah yang masih banyak pepohonan maka hal ini ketika musim hujan masih rentan untuk tersambar petir, hal ini akan merusak perangkat listrik kita jika tidak dilindungi UPS.

Atau anda bisa membeli Surge Protector, Surge adalah pelindung dari sambaran petir. Sebenarnya UPS juga sudah terdapat Surge Protector namun berbeda dengan alat lainnya UPS memiliki fitur lainya lebih lengkap yang bisa berguna untuk perangkat yang dilindungi.

Kesimpulan : jika dengan point-point diatas anda ternyata termasuk yang membutuhkan UPS, maka hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum membelinya adalah, melihatnya dari merk UPS itu sendiri. Karena banyaknya merk yang memproduksinya sehingga ada sebagian produk yang kurang berkualitas.

Saran dari penulis, sebaiknya anda membeli UPS dari merk APC, Sine Wave, Eaton atau Krisbow. Setelah memilih merk yang tepat. Lalu pilih daya yang di butuhkan agar lebih efektif. Caranya cukup kalikan 2 dari daya perangkat yang akan d pasangi USP. Misal perangkat komputer anda kapasitasnya 1000 Watt, maka anda cari UPS dengan daya 2000 VA.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.