Saat ini wisata yang sedang berkembang dengan pesatnya adalah wisata bawah laut yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Snorkelling ataupun diving menjadi kegiatan yang terbaik dalam menikmati setiap moment dan keindahan alam bawah laut yang begitu menggoda akan keindahan warna, komposisi dan juga keeksotisan bawah laut di Indonesia.



Jika anda seorang fotografer yang bergelut di dunia fotografi, maka tidak akan melewatkan dengan aktivitas bawah laut tersebut pasti tidak ingin jika setiap moment ketika berada dibawah laut. Tak perlu khawatir karena dengan perkembangan teknologi, Anda bisa mendapatkan kamera yang aman untuk mengabadikan setiap moment dibawah laut. Tinggal mengambil dengan tips yang tepat maka anda bisa mendapatkan hasil jepretan yang terbaik.

Berikut Tips Berfoto Underwater


Perhatikan Medan

Hal yang paling penting untuk anda perhatikan ketika anda ingin mengambil foto underwater adalah mengetahui medan yang akan anda gunakan. Setiap medan yang akan anda gunakan tentunya berbeda dan menggunakan tehnik yang berbeda pula. Beragam medan seperti sungai, kolam ataupun laut tentunya memberikan suasana dan juga tantangan yang berbeda.

Mengenali medan juga membuat anda lebih mengenali setiap lingkungan yang ada. Anda bisa mendapatkan gambaran laut dengan beragam biota yang berbeda. Anda juga harus mengetahui apakah biota tersebut berbahaya ataukah tidak, tajam atau tidak dan boleh dipegang atau tidak. Dengan memperhatikan hal ini tentunya selain bisa menghasilkan foto terbaik juga tetap menjaga kondisi alam bawah laut.

Perhatikan Kamera

Setelah mengenal medan yang akan anda pilih kemudian anda harus memperhatikan jenis kamera yang akan anda gunakan. Setiap kamera underwater juga menghasilkan hasil jepretan yang cukup berbeda, mulai dari jenis kamera pocket, cam hingga DSLR. Semuanya harus anda perhatikan kualifikasi dan spesifikasi yang kemudian bisa menunjang setiap pemotretan yang anda lakukan.

Selain itu, dengan memperhatikan kamera yang akan anda pilih anda juga bisa memperhatikan ketahanan kamera yang akan anda gunakan. Sehingga anda bisa menentukan durasi dalam mengambil moment. Jenis kamera yang paling aman untuk digunakan untuk mengambil foto underwater adalah kamera action seperti GoPro karena ringan dan memiliki ketahana yang baik.

Komposisi Sinar Matahari

Jika biasanya dalam berfoto di darat anda sangat menghindari untuk foto yang berhadapan dengan sinar matahari, maka beda dengan mengambil foto underwater. Foto yang anda ambil dengan foto underwater dengan air dan juga arus yang pelan akan terlihat sangat cantik dengan cahaya halus dari sinar matahari.

Backlight atau foto yang diambil dengan menghadap sumber cahaya akan menghasilkan suasana yang begitu cantik dan sangat bagus. Cahaya yang masuk ke air akan menjadi terlihat lebih mempesona yang tentunya akan membuat jepretan terlihat semakin bagus dengan komposisi yang pas.

Hindari Arus Besar

Saat ingin mengambil foto underwater pastikan anda memilih spot foto yang tepat dimana tidak ada arus yang terlalu besar didalamnya. Foto yang bagus merupakan foto yang diambil dengan spot arus yang tenang dan tidak terlalu deras. Arus yang tenang akan membuat kamera bisa stabil dan juga subjek tidak bergerak dengan cepat.

Hasil foto yang lebih tajam dan tidak blur pun bisa anda dapatkan dengan memilih arus yang lebih tenang. Selain itu anda juga bisa semakin mendekatkan diri dengan keindahan alam bawah laut ketika anda memilih tempat yang tenang sehingga akan mendapatkan tampilan terbaik dan hasil jepretan yang memadai.

Artikel menarik lainnya Trik Fotografi Smartphone ala Jay Subiakto, akni cara memotret yang baik dengan kamera handphone, setelah memahami dengan baik fitur ponsel, berkarya dengan senang dan bebas.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.