Seiring pesatnya perkembangan teknologi saat ini telah membuat masyarakat sangat familiar dengan gadget. Mulai dari dewasa hingga anak-anak memandang gadget bukan merupakan suatu yang asing lagi, Gadget memang memiliki beberapa dampak positif seperti anak bisa mengenal gadget lebih dini dan mereka akan lebih cepat belajar cara menggunakan bahkan menggunakan beberapa fitur yang ada di dalamnya. Tentunya  dengan adanya  hal ini akan membuat orang tua tidak terlalu kewalahan.



Kebanyakan anak saat ini sudah bisa menggunakan tablet untuk memainkan game untuk membuat mereka tenang dan orang tua tidak terlalu repot dalam mengasuhnya. Namun hal tersebut akan membuat anak di bawah 2 tahun yang sedang berkembang akan terhambat karena beberapa dampak buruk yang muncul karena adanya gadget ini. Penggunaan gadget memang diperbolehkan namun harus di bawah pengawasan orang tua.

Penggunaan gadget di bawah pengawasan orang tua akan lebih aman bagi anak. Anda bisa mengawasi lama anak boleh di depan gadget. Selain itu anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi yang mendukung untuk perkembangan anak seperti belajar menghitung, membaca, atau menulis. Pilihlah aplikasi yang menarik agar anak tertarik dan materi bisa mudah masuk di pikiran mereka sehingga baik untuk perkembangan. 

Beberapa dampak negatif penggunaan gadget untuk anak dibawah 2 tahun 


Adanya radiasi yang bisa berbahaya untuk anak. 

Gadget atau tablet tentu memiliki efek radiasi yang akan berdampak pada syaraf anak yang nantinya akan mempengaruhi pemikiran anak atau yang biasa disebut kognitif. Pada anak usia di bawah 2  tahun tentunya membutuhkan sesuatu yang bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan kognitifnya. Namun dengan adanya radiasi dari gadget ini bisa berdampak buruk bagi anak. 

Membuat anak sulit berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Ketika menggunakan gadget pasti anak akan merasa betah berlama-lama karena merupakan hal yang menarik dan asik untuk digunakan. Tampilan gadget yang memiliki banyak warna dan beberapa game di dalamnya membuat anak akan fokus pada gadgetnya dan mengabaikan lingkungan sekitar. Tentunya hal ini merupakan dampak buruk bagi anak yang seharusnya belajar mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Belajar berinteraksi dengan lingkungan sekitar merupakan hal yang sangat penting karena nantinya jika anak mulai sekolah maka dia akan dituntut untuk bisa berinteraksi dengan teman dan juga lingkungan sekitar sehingga pengenalan lingkungan harus dilakukan sejak dini.

Menghambat pertumbuhan

Anak di bawah 2 tahun merupakan golden age yaitu masa pertumbuhan yang sangat optimal sehingga harus didukung dengan berbagai faktor. Pada masa ini psikomotorik anak harus berkembang. Psikomotorik anak bisa diasah dengan cara berlatih menggambar dan bermain dengan berbagai permainan yang bisa mengasah psikomotorik anak sehingga bisa tumbuh dengan maksimal dan seimbang. 

Anak akan kecanduan menggunakan gadget

Dampak yang paling buruk dari gadget adalah kecanduan. Jika anda sudah kecanduan dengan gadget maka dia akan mengabaikan lingkungan bahkan orang sekitar sehingga dia hanya ingin memainkan gadgetnya di setiap waktu. Bahkan ketika dia tidur akan teringat dengan gadget. Setelah bangun tidur dia akan mencari gadget. 

Apabila anak sudah kecanduan akan sulit untuk mengendalikannya sehingga anda butuh psikiater untuk menyembuhkan rasa kecanduan anak anda tersebut. Mulai dari sekarang anda harus mengkontrol anak anda ketika memainkan gadgetnya atau anda bisa mengenalkan gadget sedikit-sedikit jangan sampai berlebihan. 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.