Keindahan panorama di dataran tinggi Dieng ini memang menjadi salah satu hal yang sangat istimewa dan menjadi salah satu daya tarik yang sering dikunjungi oleh para wisatawan bahkan tidak hanya wisatawan lokal tetapi Dieng sudah terkenal sampai ke mancanegara. Ada banyak sekali tempat – tempat wisata yang sangat menarik di daerah Dieng wonosobo diantaranya Telaga Menjer, Kawah Sikidang, Bukit Sikunir, Gunung Prahu dan lainnya. 



Bisa dibilang jika mengunjungi dataran tinggi Dieng yang berada di kota Wonosobo belum lengkap rasanya jika belum menyaksikan Golden Sunrise, apa lagi Golden Sunrise di Dieng ini merupakan Sunrise Terbaik Se Asia. 

Tanah yang berada di Dieng memiliki tinggi rata-rata 2.000 di atas permukaan laut (mdpl). Untuk menyaksikan pemandangan sunrise di Dieng sendiri kita bisa menikmati di  beberapa bukit serta gunung yang memiliki ketinggian lebih tinggi. Dari bukit atau gunung di Dieng kita bisa melihat sungguh indahnya pesona alam di Dataran Tinggi Dieng. Pantas rasanya jika Dieng sering disebut-sebut sebagai tanahnya para Dewa. Selain tinggi, Dieng juga mempunyai pemandangan yang indah, seperti Nirwana. 

Berikut adalah tempat - tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Golden Sunrise di Dataran Tinggi Dieng:

Gunung Pakuwaja

Tempat ini mungkin masih asing bagi kalangan traveler pemburu keindahan sunrise di Dieng. Gunung Pakuwaja merupakan salah satu tempat yang sangat cocok buat melihat pemandangan golden sunrise di Dieng. Karena tempatnya yang kurang terkenal, mungkin tempat ini dapat dijadikan alternatif jika di tempat-tempat terlalu ramai. Gunung Pakuwaja berada di sebelah selatan Bukit Sikunir. Gunung ini memiliki tinggi 2.410 mdpl diatas permukaan laut. Di gunung ini kita akan menemukan sesuatu yang yaitu keberadaan sebuah batu besar runcing menjulang berbentuk serupa Menhir yang menurut mitos warga sekitar masyarakat Dieng merupakan pasaknya pulau Jawa supaya pulau Jawa tetap tertancap kokoh. Selain untuk menyaksikan Golden Sunrise Anda juga dapat menyaksikan lanskap Dataran Tinggi Dieng dengan lebih leluasa. Kawasan wisata Telaga Warna, Kawah Sikidang, Komplek Candi Dieng 

Gardu Pandang Tieng

Alasan kebanyakan orang malas menyaksikan matahari terbit karena malasnya mendaki, akan tetapi sekarang Anda bisa menyaksikan Golden Sunrise tanpa harus mendaki yaitu di Gardu Pandang Tieng.. Bagi Anda yang malas mendaki bukit seperti halnya harus melihat matahari di puncak Bukit Sikunir, Gardu Pandang akan menjadi tujuan utama di pagi hari ketika matahari mulai terbit. Sunrise Gardu Pandang menjadi tujuan utama wisatawan yang hendak melihat matahari terbit sebelum Sunrise Sikunir Booming. Lokasi gardu pandang sendiri berada di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Tempat ini berada pada ketinggian 1789 mdpl jadi panorama alamnya tidak kalah menarik.

Bukit Skoter

Bukit scotter merupakan salah satu objek wisata baru yang ada di Dataran tinggi dieng yang mempunyai ketinggian sekitar 2150 meter di atas permukaan laut yang di kelola oleh masyarakat setempat. gunung api dieng. Nama tempat ini diambil dari nama sebuah bangunan berupa menara yang dulunya digunakan untuk memantau aktivitas gunung api Dieng. Bukit Skoter sendiri berada pada ketinggian 2.150 mdpl. Tempat ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit dari Desa Dieng Kulon di Kecamatan Batur, Banjarnegara. 

Bukit Sikunir

Bukit inilah yang sangat terkenal sampai ke Mancanegara dan sering disebut memiliki pemandangan sunrise terbaik di Dieng. Bukit Sikunir menjadi tujuan utama wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sunrise di Dieng. Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.263 mdpl. Lokasi bukit berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Pemandangan sunrise di tempat ini terlihat sangat istimewa dikelilingi pemandangan dua puncak gunung yaitu Sindoro dan Sumbing yang terlihat sangat dekat. Perjalanan menuju puncak bukit ini memerlukan waktu sekitar 45 menit dari penginapan yang berada di sekitar Desa Sembungan. 

Gunung Prau

Gunung Prahu  (2.565 mdpl) terletak pada koordinat 7°11′13″S109°55′22″E Dataran tinggi Dieng. Gunung Prahu merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. 

Hal istimewa lainnya dari Gunung Prau adalah hamparan padang bunga Chrysant yang cantik. Selain itu pemandangan bukit Teletubbies yang menawan dan dua gunung Sumbing Dan Sindoro. 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.