Instagram adalah sebuah sosial media dimana para usernya hanya bisa upload foto untuk mengabadikan moment mereka masing-masing. Pebisnis pasti akan mengandalkan aplikasi ini untuk memasarkan produk-produk mereka. Daya tarik instagram kini mengalahkan popularitas Twitter yang sempat booming beberapa tahun yang lalu.

Karena hanya bisa upload foto, like dan comment inilah yang menjadi keunggulan aplikasi ini. Rata-rata mereka yang fotogenic mengupload foto mereka ke instagram sebanyak 2x dalam sehari dengan tujuan untuk mengabadikan moment yang berharga dan menjadi ajang “pamer” ke penghuni Instagram. 



Tidak terkecuali untuk para pebisnis. Konsisten terhadap bisnis yang sedang mereka kelola adalah tujuan utamanya. Dengan daya pikat instagram yang tinggi, maka tidak heran, pebisnis mampu meraup keuntungan yang tinggi hanya dengan duduk diam sambil online dibandingkan dengan sosial media lainnya.

Berikut adalah beberapa tips cara mengoptimalkan aplikasi instagram untuk dunia bisnis, disajikan sesuai dengan yang dituturkan oleh social media manager dari Menara Digital, salah satu agency digital marketing di Jakarta. Tips yang sama juga sinkron dengan yang disampaikan pengelola Cyber PR Indonesia penyedia jasa menghilangkan konten negatif Google dari DigiCampaign.

Perbaiki profile anda

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah merubah settingan profile instagram anda. Salah satunya dengan cara memasang foto profil yang menarik perhatian penghuni instagram. Usahakan memakai foto profil ikon atau logo brand anda. Dan jika anda memiliki akun social media lainnya, foto profilnya harus sama, yang bertujuan untuk para calon pembeli mengingat anda.

Cantumkan secara lengkap contact person di bio Instagram agar si calon pembeli mudah berkomunikasi dengan anda. Dan usahakan username harus sama yang berkaitan dengan brand bisnis anda yang sedang dikelola.

Gunakan hashtag (tagar) yang tepat

Penggunaan hashtag dengan tanda # atau tagar yang tepat pada postingan bertujuan untuk memudahkan mesin pencari menemukan user anda. Minimal 30 hashtag relevan yang harus anda buat untuk sekali posting. Sesuaikan hashtag dengan target pasaran anda. Jangan sampai diluar target pasaran anda.

Usahakan juga hashtag yang anda buat harus selalu konsisten. Ini memudahkan apa yang kita upload akan muncul pada mesin pencari secara berkala atau banyak, sehingga postingan yang muncul minimal 1 postingan kita yang memikat hati para calon pembeli. Memang akan sulit untuk menyusun strateginya, tapi percayalah hal kecil ini bisa sangat menjual.

Susun perencanaan setiap kali akan posting

Perencanaan disini maksudnya adalah dari segi caption atau konsep foto yang akan diupload harus sesuai dengan brand yang akan dijual. Caption harus semenarik mungkin dan kalau bisa sisipkan beberapa emoticon yang menunjang. 

Cantumkan detail barang yang diposting, dan jangan sekali-kali anda mencantumkan harganya. Karena ini bertujuan supaya menciptakan interaksi antara calon pembeli dan anda. Baik interaksi di kolom komen maupun interaksi di contact person. 

Buat konsep foto yang akan diupload semenarik mungkin dan selalu konsisten dengan apa yang telah dikonsepkan. Dari segi kualitas gambar yang akan diunggah (upload) juga memengaruhi tingkat pemasarannya. Hal ini bertujuan agar akun anda terkesan lebih rapih dan enak dipandang atau bahasa instagramnya stalk.

Sesekali selipkan postingan yang bermanfaat
Jangan sampai akun anda membosankan. Sesekali boleh posting hal-hal yang bermanfaat untuk menunjang daya tarik penghuni instagram. Dengan cara berkonsep, apik dan rapi membuat akun anda semakin memiliki daya pikat yang tinggi. Minimal 2 hari sekali postingan yang bermanfaat tersebut diupload dengan penjelasan di caption. Namun tetap dengan hashtag yang disesuaikan.

Itulah beberapa tips dan trik cara mengoptimalisasi akun instagram anda. Perbanyak followers dan menjawab setiap pertanyaan pada kolom koment maka kita akan dianggap ramah dan mereka merasa nyaman dan tertarik. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap omset anda.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.