Best Winning Wildlife Photography
Best Winning Wildlife Photography
Sudah punya skill memotret, kamera profesional, tapi ingin mencari sesuatu yang berbeda dan luar biasa? Anda bisa mencoba menjadi seorang Wildlife Photografer. Wildlife Photography atau fotografi alam liar, menyajikan pengalaman memotret yang tentu jauh berbeda daripada fotografi lainnya. Karena selain memotret, Anda akan merasakan sensai menantang dalam sebuah penjelajahan. Ya, wildlife photography mengajak Anda memotret sambil berpetualang. Tertarik mencobanya?

Salah satu fotografer terkemuka, Riza Tarmizi, dalam sebuah talkshow "Wild Life Photography" di Indofest 2016 membagikan beberapa tips fotografi alam liar, yang ia ambil dari sekian banyak pengalamannya, yang dimulai dan ia tekuni sejak masih duduk dibangku kuliah. Dan pada tahun 1990, Riza memulai debutnya sebagai wildlife photografer. Nah, penasaran seperti apa tips fotografi alam liar ala Riza Tarmizi? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Tips Fotografi Alam Liar

Mulai Dengan Ketertarikan Pada Alam Liar
Riza mengatakan bahwa ketekunan memotret alam liat dimulai dengan menyukai semua pendukung dalam alam, baik ragam satwa dan flora, olahraga petualang, dan atmosfir fotografinya. Ia menyebutkan ketiga hal tersebut-lah yang menjadi kunci dari memulai wildlife photography. Anda bisa memulainya dengan memotret satwa di kebun binatang.

Foto Terbaik Dari Teknik Yang Benar dan Persiapan Yang Matang
"Harus tahu fungsi peralatan sebenarnya untuk apa, harus tahu dan kenal benar," kata Riza. Hal ini bertujuan agar fotografer tidak kerepotan nantinya, mengingat kondisi lam bebas yang bisa berubah sewaktu-waktu serta rintangan yang lebih berat daripada sekedar memotret outdoor dan indoor pada umumnya.

Persiapan dalam memotret juga tidak boleh terlewat. Karena alam bebas biasanya jauh dari peradaban manusia, sehingga peralatan penunjang dan tentunya kamera dan lensa, harus dipersiapkan sematang mungkin sebelum terjun ke alam liar.

Bawa kamera dan peralatan yang Anda punya, dan Anda perlukan. Eksekusi objek foto salah satunya tergantung dari lensa. Gunakan lensa makro dan jarak prngambilan gambar +- 5 meter dari objek. Atau jika peralatan Anda masih dikatakan 'minim', Anda bisa berkreasi dengan trik dan sudut pengambilan gambar. Tentu hasilnya akan berbeda.

Jangan lupa, siapkan rencana berapa foto yang akan Anda ambil. Meski Anda bisa memotret puluhan kali, hasil yang Anda inginkan tentu berbeda dari jumlah tersebut. Ambil patokal semisal 10 foto berbeda.

Tentukan Tujuan Memotret Dan Siapkan Dananya
Untuk apa Anda memotret alam liar? Untuk menyalurkan hobi dan menjajal tantangan lain dalam kehidupan? Untuk menyalurkan hobi yang sekaligus menghasilkan? Atau hanya sekedar hobi, kemudian berbagi di media sosial?

Dari jawaban tersebut, Anda bisa tentukan seberapa besar investasi Anda dalam kegiatan fotografi ini. Jika Anda sangat bersemangat dan ingin menekuninya sampai akhir, maka siapkan dana yang cukup besar. Karena menjelajahi pedalaman tentu membutuhkan transportasi yang lebih banyak, terlebih Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas. Tentu dana menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan.

You Really Need A Guide
Memulai wildlife photography tak semudah memulai fotografi pada umumnya, Anda akan sangat membutuhkan jasa pemandu. Carilah pemandu yang sangat mengerti akan kondisi alam liar, dan juga pengetahuan tentang satwa-satwanya : kapan biasa mereka makan, kembali ke sarang, keluar dari sarang, kawin, berkumpul bersama koloni, dan sebagainya.

Selain itu, Anda sangat perlu untuk membaca buku-buku referensi tentang satwa dan flora liar, atau setidaknya mengetahui alur hidup mereka secara general.

Berani Ber-Kamuflase
Anda ingin sekali mendekati objek dan sudah membayangkan bagaimana sudut gambar yang ingin Anda sampaikan? Jangan ragu untuk melakukan kamuflase, seperti berpakaian senada dengan rumput, merangkak mendekat, menyelam secara perlahan. Jangan takut berlumpur, karena usaha yang keras akan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan.

Nah, tips fotografi alam liar ala Riza Tarmizi diatas bisa mulai Anda praktekkan. Selamat mencoba dan dapatkan hasil foto yang memuaskan sambil berpetualang!
All rights reserved, Copyright © 2022 www.benhil.net. Powered by Blogger.