Saat ini banyak tren fotografi smartphone yang menjadi incaran kalangan masyarakat, terutama kaum muda, untuk meperkokoh eksistensi mereka di dunia maya. Tidak hanya sekedar selfie di darat, saat ini mulai berkembang teknik fotografi underwater atau bawah air bermodal smartphone water-resistant. Nah, bagi Anda pecinta fotografi dan ingin merasakan pengalaman memiliki foto berlatar belakang pemandangan bawah air, simak Tips dan Trik Fotografi bawah Air Bermodal Smartphone dibawah ini.

Underwater Photography

underwater-photography-fish-ocean
Fotografi bawah air adalah kegiatan memotret objek yang berada dibawah air. Tentunya membutuhkan berbagai kelengkapan dan kesiapan sebelum menangkap objek bawah air ini. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai fotografi bawah air bermodal smartphone?

Peralatan Memotret
Ya, tentunya sebuah smartphone! Pilihlah smartphone yang sanggup mendukung kegiatan underwater ini. Lihat sertifikat anti-airnya, utamakan yang bersertifikat IP58 dan IP68. Beberapa smartphone anti air terbaik yang bisa menunjang kegiatan ini diantaranya Samsung Galaxy S6 Active (IP68 certified), Alcatel OneTouch Conquest (IPX7), Cat S40 (IP68), dan Sony Xperia Z3+ (IP68).
underwater-photography-smartphone

Utamakan Keselamatan dan Keamanan Dalam Berenang
Tips dan trik fotografi bawah air selanjutnya adalah bisa berenang. Namun jangan lupakan juga keamanan dalam menyelam, terutama jika objek yang akan ditangkap adalah sebuah taman laut berkedalaman agak jauh. Selalu bawa pelampung dan peralatan snorkeling atau diving, dan lakukan bersama seseorang yang ahli berenang dan mampu mengantisipasi keadaan darurat seperti keram kaki atau terkena sengatan binatang laut. Jika hanya memotret di kedalaman dangkal pada sebuah kolam renang, utamakan untuk melakukan pemanasan tubuh sebelum menyelam.

Kenali Kondisi Lokasi Pemotretan
Tidak semua kondisi laut atau air memungkinkan untuk dilakukannya fotografi bawah air. Anda harus jeli melihat kondisi dan cuaca sekitar objek. Anda tidak mungkin, kan, melakukan fotografi bawah air saat air laut sedang pasang? Atau Anda juga tidak mungkin melakukan kegiatan ini saat cuaca buruk seperti badai dan hujan. Selain itu juga perhatikan pula objek foto. Misalnya jika objek foto adalah ubur-ubur, maka Anda harus berhati-hati dalam mengambil gambar, karena beberapa ubur-ubur dikenal memiliki sengat yang mampu melumpuhkan syaraf bahkan berujung kematian.
underwater-photography-fish-ocean-1
Gunakan Chasing Anti Air
Bagaimana jika smartphone yang digunakan adalah yang bukan tahan air? Jangan kawatir. Sudah banyak vendor smartphone yang juga menyertakan chasing anti air untuk menunjang kegiatan fotografi bawah air. Pilih yang transparan, sehingga Anda bisa lebih leluasa melihat opsi atau filter yang dipilih sebelum menangkap objek.

Jangan Lakukan Pengeditan Di Dalam Air
Anda terbiasa mengedit dan menghapus foto bila hasilnya kurang memuaskan? Jangan lakukan atau Anda akan kehilangan waktu tahan air smartphone Anda. Beberapa smartphone dirancang untuk tahan air di kedalaman tertentu dalam jangka waktu tertentu pula. Maka, tips dan trik fotografi bawah air yang pas untuk kondisi ini adalah foto saja objek sebanyak mungkin, dan lakukan editing atau deleting saat berada di darat.
underwater-photography-woman-and-beauty

Perhatikan tips dan trik fotografi bawah air bermoda smartphone diatas sebelum menyelam. Dan Anda akan mendapatkan hasil gambar yang memuaskan dan menakjubkan. Selamat memotret!
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.