Pariwisata Indonesia memang tidak ada habis-habisnya untuk dijelajahi. Semakin banyak orang yang ingin mengunjungi ‘surga-surga tersembunyi’ yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Lalu, apakah Anda penggemar traveling dan memiliki kemampuan menghitung budget perjalanan? Mungkin sudah saatnya Anda menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan, memulai usaha baru sebgai entrepreneur. Namun memiliki dua hal tersebut bukan satu-satunya modal untuk membuat paket tour wisata liburan. Pelajari beberapa hal berikut agar paket wisata yang Anda tawarkan laku di pasaran :

Wisata Unggulan
Carilah objek wisata yang tengah naik daun atau yang selalu ramai dikunjungi wisatawan karena daya tariknya yang selalu diperbincangkan dimana-mana. Namun jangan salah, kini tak hanya destinasi wisata yang terkenal saja yang dicari-cari oleh para traveler, tetapi tempat wisata yang belum banyak terjamah juga patut Anda pertimbangkan. Bila dirasa cocok, perhatikan lagi apakah akomodasi seperti transportasi, penginapan dan hal penting lainnya memadai.

Kerjasama
Bangunlah kerjasama dengan pihak restoran, hotel, penginapan murah, penyedia asuransi perjalanan dan penyedia jasa transportasi di daerah wisata yang dituju. Jalinan komunikasi dan kerjasama yang baik akan membuat Anda dipercaya oleh para penyedia akomodasi. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengurus segala keperluan peserta tour Anda nantinya.

Waktu Yang Tepat
Setiap daerah tentu memiliki ciri budaya dan pertunjukan yang khas. Misalnya : dieng memiliki Dieng Culture Festival , Solo dengan Solo Batik Carnival nya, dan banyak lagi daerah-daerah lain. Cari tahu dan catat tanggal event yang diadakan di daerah tersebut agar ketika Anda membuat jadwal untuk paket tour wisata liburan, festival atau upacara adat tersebut masuk dalam itinerary. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon peserta tour.

Harga
Inilah bagian yang paling krusial. Banyak dari pencari paket tour wisata liburan menempatkan biaya pada urutan pertama daftar pertimbangan. Sebaiknay Anda membuat 2 versi paket, yaitu yang low dan high budget. Berikan fasilitas yang nyaman namun tak tampak murahan untuk paket dengan tarif minim. Pilihlah penginapan murah yang bersih dan berada di lingkungan yang teratur. Berikan menu makanan yang sederhana namun memiliki citarasa tinggi, misalnya makanan khas daerah yang dapat Anda pesan kepada penduduk lokal. Untuk paket dengan tarif tinggi, tentu tidak sulit untuk mengatur segala sesuatunya. Carilah penyedia akomodasi yang memiliki sarana dan fasilitas lengkap agar para peserta tidak merasa rugi dengan biaya yang mereka keluarkan.

Promosi
Setelah semuanya beres dan terinci, saat nya memperkenalkan paket tour wisata liburan Anda ke muka umum. Bila memungkinkan, buatlah sendiri website sederhana dan akun-akun media sosial untuk wadah komunikasi Anda dan konsumen. Untuk tingkat yang lebih tinggi, Anda harus mendirikan perusahaan atau badan hukum yang bergerak di bidang pariwisata.

Demikianlah kiat untuk membuat paket tour wisata liburan. Anda dapat menjalankan bisnis ini sendiri maupun kerja sama dengan sesame traveler lain yang Anda kenal baik. Jaga selalu kepercayaan konsumen dan kredibiltas Anda, agar para konsumen tidak kecewa dan merekomendasikan paket wisata Anda kepada orang lain.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.