image-title-camera-benhilnet
Tren memotret dengan kamera DSLR memang sudah menjamur di kalangan masyarakat Indonesia sejak awal tahun lalu. Dalam berbagai kesempatan, baik adanya event atau tidak, sering dijumpai kalangan dengan kamera DSLR menggantung di lehernya. Tertarik mempelajari teknik memotret dengan kamera DSLR? Simak ulasan Tips Belajar Memotret Kamera DSL Pemula berikut ini!

image-nightscape-camera-benhilnet
Teknik Fotografi Memotret di Malam Hari
Memotret di malah hari bukan lagi menjadi aktifitas fotografi yang tidak tepat, hanya karena kurangnya pencahayaan. Namun kini dengan kecanggihan dan teknik tepat kamera DSLR, Anda bisa memotret keindahan panorama kota, event, dan pemandangan alam pada malam hari. Aktifitas ini disebut Nightscape.

Perhatikan sudut pandang dan objek yang akan dipotret, biasanya akan lebih menakjubkan saat pergantian siang ke malam hari. Perhatikan detail bagaimana warna-warna langit yang ada terkombinasi dengan baik, lalu bidik dengan sudut yang berbeda, atau tak biasa. Gunakan kreatifitas Anda sebaik mungkin. Hal ini juga berlaku memotret sebuah event besar di malam hari. Perhatikan tingkat pencahayaannya.

Penggunaan tripod dan remote shutte bisa menjadi penunjang Anda. Kebanyakan foto berkesan dramatic dihasilkan dengan lensa wide-angle. Gunakan tingkatan ISO yang tinggi dengan apperture yang cepat jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan tripod. Beberapa kondisi malam hari seperti di kota, tidak perlu menggunakan flash karena disitulah letak uniknya potret malam hari.

image-peechaya-burroughs-camera-benhilnet
Teknik Fotografi Memotret Benda Diam
Teknik ini mungkin dirasa mudah, namun jika Anda mempelajarinya lebih dalam, maka hasil jepret Anda jauh lebih menakjubkan. Latihlah kemampuan panning Anda. Atur kecepatan shutter mejadi 1/30 second atau dengan setting speed yang lebih lambat. Perhatikan background foto, sesuaikan dengan objek yang Anda potret. Insting seni Anda sangat dibutuhkan disini. Walaupun hanya sebuah balon di dinding putih, namun jika Anda berhasil mengkombinasikannya seperti yang dilakukan Peechaya Burroughs asal Australia.

Kenali sistem makro dan gunakan live view pada kamera DSLR karena ini akan memudahkan Anda dalam mengatur fokus dan memeriksa Depth of Field. Jangan lupa untuk mengecek seberapa baik sensor yang Anda gunakan. Tidak selamanya kamera beresolusi tinggi menghasilkan kualitas gambar yang baik.

Teknik Fotografi Memotret Wajah di Area Outdoor
image-model-camera-benhilnet
Memotret wajah seorang model di sebuah taman bisa menjadi ide cemerlang. Namun selalu perhatikan pencahayaannya. Sebab memotret wajah diluar ruangan saat matahari terik bukanlah ide yang bagus. Carilah tempat yang lebih teduh, atau potret saat cuaca mendung. Hal ini akan berpengaruh terhadap bayangan wajah model. Kemudian gunakan view finder Anda untuk mencari lokasi mana yang lebih terang.

Disarankan untuk mengatur secara manual fokus Anda, karena fitur autofocus yang digunakan pada kondisi cahaya minim justru membutuhkan waktu sedikit lebih lama mencari titik fokusnya.

Teknik Fotografi Memotret Landscape
image-siluet-pure-luhur-uluwatu-camera-benhilnetSaat matahari terbit (sunrise) dan saat matahari tenggelam (sunset) adalah jadwal memotret landscape terbaik bagi Anda penyuka travelling. Konsep ini bisa Anda ambil dari sudut di atas gunung, atau di pinggir pantai. Disini, gunakan ISO 1000 (saran fotografer profesional) agar keseluruhan detail foto nampak lebih jelas. Potret landscape juga bisa menggunakan teknik HDR, dengan menggunakan fitur auto brachet.

Setting yang sesuai dengan potret landscape adalah pengaturan white balance yang sedikit lebih rendah, ditambah dengan fitur highlight warning, juga resolusi dan tingkatan ISO. Jika Anda ingin menghasilkan gambar siluet pemandangan, maka pastikan eksposur berada di belakang objek atau area yang lebih terang. Matikan flash Anda, dan setting fokusnya secara manual.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.