Asuransi ialah produk proteksi untuk melindungi keuangan keluarga, jika kepala keluarga yang menjadi sumber penghasilan meninggal dunia, atau menderita cacat total tetap permanen. Ini juga berlaku untuk asuransi pendidikan di Indonesia. Asuransi pendidikan pada dasarnya merupakan kombinasi produk asuransi jiwa berjangka (term-life) yang ditambah dengan tabungan. Manfaat utama sebenarnya adalah asuransi jiwa yang akan membayarkan uang pertanggungan apabila si tertanggung meninggal dunia sebelum si anak masuk universitas, sedangkan manfaat tambahannya, adalah memaksa nasabah untuk menabung.

Dari saldo tabungan yang terkumpul, perusahaan asuransi akan mengelola sejumlah uang yang akan digunakan saat anak SD, SMP, SMA, hingga masuk perguruan tinggi. Sehingga, jika terjadi sesuatu pada pemengang polis hingga polis berakhir, yang tertanggung hanya akan mendapatkan porsi tabungan dalam bentuk pembayaran yang dijanjikan dan bonus bila ada perjanjian awal dengan perusahaan penyedia asuransi. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih asuransi pendidikan untuk anak, diantaranya yaitu dengan dengan menghitung dan menyesuaikan biaya, dalam berinvestasi dengan memperkirakan banyaknya dana yang harus dikeluarkan untuk masa pendidikan anak dari jenjang sekolah dasar hingga bangku perkuliahan. Tak hanya itu,  hendaknya anda juga memilih perusahaan asuransi pendidikan yang memungkinkan Anda untuk mengubah besaran investasi sesuai dengan kondisi keuangan. Hal tersebut dapat berguna jika nanti keadaan keungan Anda memburuk.

Sebelum memutuskan mengambil asuransi atau investasi pendidikan, maka alangkah baiknya Anda menyimak dahulu fakta-fakta berikut ini:
1.    Jangan terjebak atau termakan jargon asuransi seperti “pasti mendapatkan manfaat di tahun-tahun tertentu” Pastikan apa yang diiklankan sesuai dengan kenyataannya.
2.    Perusahaan asuransi umumnya menetapkan secara sepihak tingkat imbal hasil dari unsur tabungannya, Anda perlu tahu berapa sebenarnya imbal hasil tersebut
3.    Anda menabung di polis asuransi, tetapi tidak fleksibel dalam mengambil UANG ANDA SENDIRI
4.    Pasti memberikan manfaat, tetapi BELUM PASTI manfaatnya cukup untuk membayar biaya pendidikan anak Anda.

Salah satu penyedia  asuransi pendidikan di Indonesia asuransi pendidikan AXA Mandiri, yang sahamnya dimiliki oleh AXA Group dengan Bank Mandiri dengan tiga pilihan dana investasi, yakni Secure Money Rupiah, Progressive Money Rupiah, Dynamic Money Rupiah, Secure Money US Dollar. Bumiputera sebagai salah satu perusahaan asuransi paling tua di Indonesia juga memiliki beberapa produk asuransi pendidikan, yaitu Mitra Beasiswa Berencana, dan juga Mitra Cerdas.

Itulah beberapa gambaran yang harus Anda ketahui tentang asuransi pendidikan di Indonesia. Cerdas-cerdaslah memilih perusahaan asuransi, sebab perusahaan asuransi adalah yang Anda percayakan untuk menjamin segala kebutuhan Anda. Untuk layanan asaruansi lain, artikel bertajuk AXA Mandiri Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia layak dikunjungi untuk melengkapi pemahaman Anda tentang perlindungan yang tepat.

Artikel terkait di Berita Satu



Jenis Asuransi

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.