Jenis tinta sablon manual yang biasa digunakan secara umum terdiri dari 2 jenis, yaitu tinta waterbase dan tinta solvenbase. Tinta untuk sablon manual berbeda dengan tinta untuk sablon digital. Tinta waterbase merupakan tinta dengan basis air, sedangkan tinta solvenbase  berbasis minyak. Setiap jenis tinta sangat berhubungan dengan hasil yang didapatkan dari teknik sablon itu sendiri.

Jenis Jenis Tinta Yang Digunakan Dalam Sablon Manual

Tinta Waterbase
Terdapat 5 jenis tinta waterbase yang biasa digunakan dalam teknik sablon manual, yaitu:
•    Tinta rubber merupakan tinta yang dapat diaplikasikan pada kaos berwarna terang dan gelap. Hanya bersifat untuk menutupi rajutan kain. Tinta jenis ini biasanya digunakan sebagai underbase yang berfungsi untuk menutupi warna kain sebelum warna sablon yang lainnya diterapkan di atasnya.
•    Tinta transparan atau coating yang biasa digunakan untuk pelapis dari hasil sablon. Supaya hasil sablonannya tampak mengkilap atau lebih cemerlang. Walaupun bentuknya transparan, tetapi kandungan tinta ini lebih keras dan juga kuat. Jenis tinta transparan tersebut sangat cocok diterapkan dalam teknik sablon sparasi 4 warna,  dengan membubuhkan tinta rubber white sebagai dasarannya.
•    Tinta extender merupakan tinta yang sifatnya transparan, tetapi hanya sesuai diterapkan pada kaos berwarna putih ataupun terang. Sifat tinta ini dapat menyatu dan terserap ke dalam bahan dengan sangat baik.
•    Tinta super white mempunyai fungsi yang mirip dengan tinta rubber dan terdiri dari jenis color dan white. Sifat dari tinta ini lebih mirip dengan tinta extender, karena sangat cocok digunakan untuk bahan dan bersifat transparan. Sehingga bisa digunakan pada sablon di permukaan bahan yang berwarna gelap.
•    Tinta timbul atau biasa disebut dengan puff. Tinta jenis ini membutuhkan pemanasan yang dpata menyebabkan tinta tersebut menyembul layaknya seperti efek timbul. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari penerapan pada setiap tinta sablon manual.

Tinta Solvenbase
Tinta jenis ini biasanya menggunakan bahan dasar PVC, sehingga bisa mencetak dot dengan ukuran yang sangat kecil. Teknik pengeringan yang baik harus mencapai 160 derajat, supaya menjadikan hasil sablon menjadi sangat kuat. Beberapa jenis tinta solvenbase ini yaitu tinta all purpose, tinta athletic plastisol, tinta high opacity, tinta cork base, tinta high density clear, tinta shimmer cold and base dan Wilflex Luna Clear.

Itulah beberapa jenis tinta yang digunakan dalam sablon manual. Anda dapat memilih jenis tinta apa yang akan anda gunakan dalam menyablon, supaya sablon yang dihasilkan akan menjadi lebih baik. Setiap penerapan tinta sablon manual pasti akan berimbas pada hasilnya. Jadi lebih baik terapkan tinta sesuai dengan keinginan anda.


All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.