Cara Mendeteksi Serangan Rayap

Rumah dan bangunan adalah salah satu bentuk investasi yang kita ketahui harganya cukup mahal dan nilainya cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Melindunginya menjadi keharusan bagi pemiliknya, termasuk menjaga keamanan dari setiap orang yang tinggal atau melakukan aktifitas di dalamnya  setiap hari. Apakah itu keluarga, pekerja atau tamu yang berkunjung. Pastikan properti Anda terhindar dari serangan rayap, bila sudah terlanjur terjadi, dibutuhkan peran pawang rayap pembasmi serangga yang handal untuk menghalau gerombolan rayap tersebut.

Cara Mudah Mendeteksi Serangan Rayap

Rayap adalah salah satu bahaya laten yang gencar melakukan serangan pada berbagai jenis properti, apakah itu rumah tinggal, rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya hingga bagunan kantor pada berbagai jenis gedung. Selama seranga ini hidup disekitar kita, mereka harus makan. Untuk itu kami menuliskan tips cara mudah mendeteksi serangan rayap pada berbagai jenis bangunan, agar kita tau saatnya menghalau mereka.

Tunnel atau Jalur Rayap
Jalur rayap ini sangat mudah dikenali berupa tunnel, terbuat dari partikel partikel tanah yang menumpuk, sebagian dari kayu yang sudah dicerna membentuk rongga sebagai jalur rayap, dapat memanjang dan meluas dari tanah ke kayu, atau permukaan lantai melalui fondasi. Rayap membuat jalur tersebut untuk melindungi diri dari predator seperti semut, cicak, tokek dan manusia sendiri. Secara sembunyi sembunyi hingga terang terangan, serangga perusak ini datang dan pergi dari bawah tanah untuk berkuncung ke rumah Anda memenuhi kebutuhannya, memangsa setiap benda yang memiliki unsur kayu.

Laron
Laron atau anai anai atau swarmers adalah rayap jantan maupun betina bersayap biasanya muncul saat kelembaban tinggi menjelang musim penghujan. Rayap bersayap ini menyukai cahaya terang dan mudah ditemukan di dekat jendela. Jejak yang ditinggalkan bisa terlihat dari sayap yang pupus di ambang jendela, lantai dan lain lain. Swarmers adalah indikasi pertama bahwa ada rayap di sekitar kita, dibawah tanah, di dalam tembok atau pada plafond rumah, pohon di halaman atau di rumah tetangga.

Kayu Lapuk
Makanan utama rayap adalah kayu atau benda yang memiliki unsur timber, mereka menyelinap ke dalam kayu, buku atau lemari. Dalam beberapa kasus, intervensi rayap tidak terdeteksi selama bertahun-tahun karena mereka memakan kayu dari dalam dengan membiarkan lapisan luar kayu utuh. Tetap terlihat bagus Kerusakan serius di dalam struktur kayu akan melemah dan keropos. Sarang laron sering ditemukan di dalam ”karton”yang terdiri dari unsur kayu yang sudah dikunyah, air liur dan kotoran rayap itu sendiri.

Tiga indikasi berikut memastikan, tempat Anda sedang dalam kondisi bahaya, dikelilingi koloni rayap yang bekerja setiap hari, detik demi detik, jam demi jam selama bertahun tahun. Secara perlahan dan pasti menggerogi bagunan, menimbulkan potonsi rusak hingga roboh. Jangan biarkan itu terjadi, lindungi property berharga yang Anda miliki. Tinggal pilih menggunakan anti rayap tradisional atau menggunakan penyedia jasa anti rayap (pest control) profesional dan pastikan bangunan terlindungi dengan jenis atau metode anti rayap yang handal serta selalu dimonitor.


Rayap

Previous Post Next Post

Contact Form