Penyebab Android Cepat Panas

Di era teknologi saat ini, beraktivitas menggunakan ponsel, diantaranya Android merupakan kebiasaan banyak orang. Bahkan sudah menjadi kebutuhan yang harus benar-benar terpenuhi. Namun ketika ponsel Android yang sedang kita gunakan tiba-tiba panas membuat tidak nyaman saat menggunakannya. Berikut ada beberapa hal penyebab Android cepat panas yang perlu anda ketahui agar saat menggunakan bisa lebih berhati-hati. Selain itu bisa juga mencegah agar panas tidak berlebihan, nyaman saat digunakan. Beberapa penyebab cepat panasnya ponsel Android akan dibahas secara tuntas. 

Penyebab Hanphone Android Cepat Panas


1.    Ponsel Anda terlalu banyak menggunakan aplikasi. Karena perlu anda ketahui dalam menggunakan beberapa aplikasi yang terlalu banyak membuat gadget smartphone cepat panas, menyebabkan baterai menjadi boros, karena ponsel beroperasi lebih tinggi dari biasanya. Untuk mengatasinya maka janganlah menggunakan aplikasi secara berlebihan, matikanlah aplikasi yang sekiranya tidak perlu dan tidak terlalu penting. 

2.    Sinyal yang tidak stabil. Sinyal yang tidak stabil atau naik turun itu menyebabkan ponsel Anda cepat panas, ponsel terus bekerja menemukan jaringan. Dalam hal ini baterai ponsel juga akan cepat panas, menyebabkan melambatnya kinerja aplikasi yang sedang berjalan (not responding). Untuk mengatasinya adalah dengan cara menggunakan kartu dengan akses sinyal yang kuat dan terdapat sinyal yang bagus disekitar daerah posisi Anda sekarang itu.

3.    Adanya debu. Tanpa disadari sekumpulan debu-debu kecil dapat memaski ponsel yang dimiliki melalui sela-sela kecil seperti pada lubang speaker. Debu yang masuk dan menyumbat lubang udara tersebut menyebabkan ponsel Android cepat panas karena udara  yang keluar masuk sedikit terhambat. Solusinya adalah pastikan bahwa ponsel yang  dimiliki sering dibersihkan secara teratur.

4.    Baterai yang sudah soak. Baterai yang sudah tidak layak pakai lagi, juga dapat memengaruhi kinerja ponsel anda. Baterai ponsel yang sudah drop atau low dapat menyebabkan sistem pada aplikasi ponsel tidak bisa bekerja secara maksimal, membuat ponsel akan lebih cepat panas dari biasanya saat normal. Perlu dipastikan bahwa baterai masih dalam keadaan bagus dan normal. Namun jika baterai ponsel sudah mulai nge-drop atau sudah low maka segeralah untuk diganti agar kinerja ponsel lebih maksimal.

5.    Terlalu sering menggunakan gadget sambil di-charger. Beraktivitas atau sering menggunakan ponsel yang sedang dicharger sangat berbahaya bagi mesin hp itu sendiri dan juga menyebabkan baterai handphone cepat kembung, lebih cepat panas. Sebaiknya jangan gunakan hp terlebih dahulu ketika sedang mengisi power, tunggulah hingga baterai ponsel terisi penuh terlebih dahulu. 

Semoga artikel yang disajikan, beberapa penyebab Android cepat panas di atas bisa menjadi referensi untuk menghindari terjadinya hal yang lebih buruk. Selamat mencoba.

Android

Previous Post Next Post

Contact Form