Masalah keuangan menjadi hal yang sangat penting bila dibicarakan. Apalagi bagi mahasiswa yang sedang belajar di kampus. Tentunya menjaga kebiasaan akan sangat membantu dalam menghemat biaya kebutuhan hidup sehari-hari. Menjadi mahasiswa tidaklah mudah menjaga pola hidup sehari-hari, khususnya menjaga keuangan agar tetap stabil. Ada sekian banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan biaya kuliah tiap semester selalu menunggu. Masalah umum yang selalu menghampiri mahasiswa yakni menjaga uang saku agar bisa digunakan dalam waktu lama. Biasanya hal ini disebabkan oleh keteledoran dalam menggunakan uang. Nah, untuk itu berikut ini beberapa tips keuangan bagi mahasiswa yang bisa diterapkan untuk bisa bertahan dengan uang pas-pasan bagi mahasiswa.

•    Tinggal di Asrama Kampus
Setiap kampus pastinya memiliki asrama yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa. Fasilitas yang disediakan pastinya memadai bagi kalangan mahasiswa. Bagi anda yang masih belajar di kampus, tinggal di asrama kampus bisa menjadi pilihan bagus. Dengan pertimbangan menghemat biaya bensin pulang pergi dari rumah. Tips keuangan bagi mahasiswa ini sangat cocok bagi mahasiswa yang rumahnya jauh dan melakukan perjalanan jauh tiap hari.

•    Buat Tabungan Dadakan
Kehidupan kampus yang sangat menyenangkan, khususnya saat makan-makan bersama teman bisa membuat mahasiswa lupa bagaiman mengatur keuangannya. Hal ini selalu menjadi masalah besar saat uang bulanan semakin menipis. Sehingga membuat kebutuhan lainnya tidak bisa terpenuhi. Mulailah memikirkan bagaiman menghemat uang bulanan dengan membuat tabungan dadakan. Gunakan kaleng berukuran sedang dan tuliskan target yang ingin dicapai. Dengan demikian, motivasi untuk menyisihkan uang saku untuk hal yang lebih penting akan semakin tinggi.

•    Jangan Sering Makan di Luar
Bagi mahasiswa, berkumpul bersama teman merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi saat berkumpul dibarengi dengan acara makan-makan di kafe atau restoran. Hal ini tentunya membuat pengeluaran semakin besar dan mengancam keuangan. Usahakan untuk tidak selalu menuruti kemauan. Mulailah berpikir secara logis dan merencanakan bagaimana menggunakan uang dengan baik. Makan di rumah bisa lebih bagus dan lebih hemat daripada menghabiskan uang di restoran mahal.

•    Simpan kartu ATM di Rumah.
Jika anda memiliki kartu ATM, jangan selalu membawanya kemana anda pergi. Bawalah di saat-saat anda pergi ke tempat yang jauh. Khususnya bagi mahasiswa yang setiap hari harus bepergian ke kampus dan kesibukan membuat keinginan muncul untuk membeli sesuatu. Sesekali simpanlah kartu ATM di rumah dan jangan masukkan ke dalam dompet. Dengan cara seperti ini, anda bisa menekan keinginan untuk membeli hal tidak penting.

Nah, beberapa tips keuangan bagi mahasiswa tadi bisa menjadi cara bagus bagi anda dalam menjaga keuangan tetap stabil. Sebagai tambahan, kerja sampingan bisa menjadi pilihan bagus untuk menambah pemasukan bulanan anda. Pilih pekerjaan yang tidak terlalu menyita waktu agar tidak menggangu kuliahmu. Menjadi admin mengelola media sosial adalah kerja nyambi yang lagi trend saat ini, menjalankan akun Instagram atau Twitter. Anda dapat memilih bidang yang diminati, pelajari dengan baik, berlatih hingga kamu mahir memainkannya seperti seorang internet marketer, berbagai tips  tentang itu dapat dilihat disini. Tawarkan dan kerjakan secara professional agar honor yang diperoleh lebih baik.


All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.