Sekarang anda bisa memulai bisnis dengan cara mudah dan murah. Menggunakan perangkat digital mempromosikan produk atau jasa yang anda perjualkan. Murah disini bukan berarti anda dapat mempromosikannya secara gratis melainkan tetap ada biaya namun tidak sebesar seperti anda membuka usaha baru secara offline. Dikatakan sebagai cara mudah karena anda dapat merangkul masyarakat atau konsumen yang lebih luas lagi dibandingkan dengan bisnis konvensional. Kebanyakan orang di Indonesia saat ini menggunakan gadget atau smartphone dengan barbagai jenis OS, mulai dari BBM, iOS hingga Android besutan Google dan Microsoft Mobile yang dikoneksikan dengan jaringan internet untuk mencari informasi di dunia digital. Nah, ada salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan informasi bisnis, yaitu menggunakan aplikasi BBM atau singkatan dari BlackBerry Messenger.

BlackBerry Messenger dulunya hanya bisa digunakan pada smartphone bermerek BlackBerry. Seiring perkembangan jaman BBM saat ini bisa digunakan pada Android dan iOS besutan Apple, iPhone, iPad dan iPod. Pengguna dapat memiliki PIN BBM, saling berinteraksi untuk bercengkrama, komunikasi ataupun untuk melakukan aktivitas bisnis. Dengan banyaknya pengguna BBM, tentunya akan memberikan keleluasaan bagi para pelaku bisnis untuk terus mencari jaringan baru guna mendapatkan konsumen, sarana promosi bisnis online yang ampuh untuk memasarkan produk dan jasa kepada calon pelanggan sebanyak banyaknya.

Aplikasi BBM ini tentunya sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, karena cara penggunaannya sangat mudah, juga dilengkapi dengan layanan share foto, video, ataupun voice mail. Aplikasi ini menjadi lebih menarik dan jika tidak menggunakan smartphone BlackBerry. Bila belum terpasang, gunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia untuk mengunduh (download) aplikasi. Lalu bagaimanakah cara menggunakan BBM untuk berbisnis dengan memanfaatkan aplikasi BBM?

1.    Sediakan Smartphone untuk Berbisnis

Dalam berbisnis anda harus memiliki satu atau lebih smartphone atau gadget yang dilengkapi dengan BBM. Gadget berbasis Android, iOS, Windows Mobile digunakan untuk anda berinteraksi dengan para pelanggan. Menyebarkan informasi-informasi terbaru, mempromosikan, menawarkan produk atau jasa yang anda perjualkan. Sebaiknya bedakan dengan ponsel pribadi, jika disamakan antara smartphone pribadi dan ponsel bisnis, akan sangat sulit sekali untuk mengganti display picture atau untuk mem-broadcast pesan kepada seluruh kontak yang ada diaplikasi BBM.

2.    Kontak PIN BBM Selalu Diperbanyak
Aplikasi ini tidak memberikan batas tentang seberapa banyak anda bisa memiliki kontak di aplikasi BBM ini. oleh karena itu selalu perbanyak kontak di BBM anda setiap harinya. dengan banyaknya kontak, anda akan lebih mudah memperluas jaringan bisnis anda dan akan lebih banyak lagi calon konsumen produk atau jasa anda.

3.    Sebaiknya Ganti Display Picture BBM Sesering Mungkin
Display picture (DP) selain digunakan untuk menandakan profil BBM anda, juga dapat digunakan untuk memberikan informasi atau gambaran tentang produk atau jasa yang anda jual. Dalam aplikasi BBM, terkadang seseorang sering kali membuka recent update atau pembaharuan terbaru ketika sedang jenuh. Jadi ketika ia membukannya maka ia secara langsung akan menerima informasi terbaru dari anda melalui informasi display picture yang anda ganti. Mengganti display picture secara rutin juga menandakan bahwa anda selalu aktif menggunakan BBM sehingga orang-orang akan tertarik untuk bertanya-tanya untuk mendapatkan informasi dari anda.

4.    Broadcast Informasi
Terkadang banyak pebisnis yang mem-broadcast secara terus menerus dan membuat orang-orang yang ada di kontak tersebut terganggu. Oleh karena itu, broadcast lah pesan yang secukupnya namun sudah mengandung informasi tentang bisnis anda.

Itulah beberapa cara untuk memanfaatkan aplikasi BBM (BlackBerry Application) untuk keperluan bisnis, semoga bermanfaat.

BBM

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.