Konsep dan Strategi Marketing Online

Strategi Marketing


Bisnis online terus berkembang seiring dengan penetrasi internet secara global. Di Indonesia saja pertumbuhannya sangat mencengangkan sejak pertengahan 90-an. Di akhir 2013 diprediksi oleh Mark Plus penggunanya lebih dari 83 juta subscribers. Setiap tahunnya Indonesia mengalami peningkatan pengguna internet yang sangat signifikan didukung oleh jumlah populasi penduduk yang begitu besar. Semakin lama semakin banyak orang yang tergantung pada internet, tanpa online aktifitas dunia usaha tergangu. Kondisi ini menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi pengusaha yang hendak melakukan pemasaran online, termasuk semakin dibutuhkannya layanan jasa internet marketing profesional.

Sayangnya saat ini pasar online ini masih didominasi oleh pihak-pihak tertentu saja terutama asing, kita sebut saja mulai dari Lazada, Zalora, Toko Bagus, Rumah.com hingga berniaga. Mereka menghabiskan milliaran rupiah dan kebanyakan hingga saat ini terus berinvestasi. Sebagian oleh perusahaan lokal, seperti Bhinneka, BliBli, Forum jual beli Kaskus dan beberapa situs komunitas yang sangat baik seperti Fotografer.Net.

Sebenarnya kesempatan untuk sukses di bisnis online ini sangat luas, semua orang memiliki kesempatan yang sama, bisa dipilih mau memulai dari yang kecil atau langsung besar. Memang ada syaratnya, selain memiliki produk yang menarik dan dibutuhkan oleh banyak orang, pemahaman yang dalam tentang strategi marketing online ini akan menjadi keharusan serta konsep promosi di internet dengan tepat sangat penting. Hanya dengan sistem yang baik pemasaran online dapat bertahan hingga mengalahkan pesaing, The Winner Takes It All itu menjadi "username" dan "password" rahasia sukses dan mendominasi. Konsep dan tahapan inilah yang sering dilewatkan pemilik bisnis, tidak cukup hanya membeli nama domain, hosting hingga membuat Website dengan Blog dan WordPress, kemudian membiarkannya berharap akan bekerja secara otomatis tanpa dikelola.

Banyak yang menilai bahwa pemasaran online itu mahal, biaya yang harus dikeluarkan untuk promosi tidak sedikit. Ini memang merupakan suatu kenyataan, akan tetapi tidak semuanya demikian. Masih banyak strategi pemasaran online yang lebih murah. Meski tingkat efektivitasnya tidak sama, paling tidak harus memiliki taktik marketing yang terarah menjadi awalan yang baik. Misalnya situs jual rumah di Jakarta yang bahkan mencantumkan semua kota kota besar di Indonesia dapat juga digunakan, bahkan ada versi gratisnya.

Strategi Marketing Online  Biaya Murah

Diera digital saat ini, pengakses internet terbesar dari Indonesia terdiri dari para pengguna smartphone dan tablet. Karena itulah pemasaran berbasis mobile marketing bisa menjadi strategi yang cukup jitu, perkembangannya menjadi salah satu berita bisnis yang selalu menarik untuk diikuti. Caranya menjalankannya juga tidak harus selalu rumit dan mahal. Pengusaha online dapat memulainya dengan mengubah tampilan Website yang sudah ada lebih mobile-friendly. Membangun Website baru yang tepat untuk berbagai jenis gadget. Jadi saat pengguna mengakses situs tersebut melalui smartphone ataupun tablet mereka tidak akan mengalami kesulitan dalam mengakses halaman-halaman yang ada. Apakah situs anda sudah mobile friendly atau lebih dekenal dengan responsive, tampil dengan sempurna pada berbagai jenis gadget, smart phone, tablet atau iPad.

Tujuan pengguna internet sangat beragam. Namun secara garis besar mereka menggunakan internet untuk mencari informasi yang tepat dan hiburan. Dalam porsi yang cukup besar mereka juga menggunakan internet untuk berkomunikasi hingga belanja melalui situs toko online. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Kekuatan konten yang informatif dan unik, promosi yang memiliki nilai hiburan dan strategi sosial media ini bisa menjadi senjata yang sangat ampuh.

Marketing harus berkelanjutan, pemasaran yang sifatnya sementara tidak akan berhasil memikat banyak pelanggan. Pelaku pemasaran yang baik mesti memahami untuk apa itu dilakukan. Produk ataupun jasa yang ditawarkan hanya akan bertahan beberapa saat saja bila program tidak diteruskan. Potensi untuk memperoleh pelanggan baru juga sangat kecil. Hal ini sangat masuk akal, bagaimana ada pelanggan baru jika promosinya dihentikan? Untuk itu pemasaran online harus dilakukan secara terus menerus. Untuk memulai dengan lebih efektif, penggunaan media sosial dapat menjadi pilihan yang tepat. Pemasaran harus dibuat semenarik mungkin, bisa saja promosi tersebut dikemas dalam bentuk game sederhana, video atau konten bisnis anda yang informatif dan berkualitas hingga otomasi dengan auto feed.

Strategi pemasaran lain yang juga dinilai sanget efektif adalah personalized marketing pada niche market. Ide dari marketing ini adalah memberikan penawaran yang lebih spesifik. Tujuannya untuk meraih calon-calon pelanggan yang potensial dan memiliki ketertarikan khusus. Karena sifatnya yang lebih fokus inilah personalized marketing dinilai sebagai jenis pemasaran yang sangat efektif.

Search Engine Marketing

Cara lain yang sangat ampuh, lakukan search engine marketing dengan mengaplikasikan search engine optimization (SEO), mengoptimasi Website dengan benar di Google, Yahoo serta Bing, atau bisa menggunakan iklan di Google, Facebook dengan Pay-Per-Click. Strategi ini cukup kompleks dan membutuhkan pengetahuan yang dalam karena dinamikanya begitu pesat. Cara ini dibutuhkan agar banyak orang tiba di Website diantarkan oleh situs pencari setelah pengguna internet mengetik keywords tertentu. Bila konsep ini yang dipilih sebaiknya diskusi dengan ahli SEO yang memiliki pengalaman panjang dan teruji, salah satunya pemilik situs Jasa SEO Jakarta yang dikelola oleh Master SEO Indonesia, pendiri ROCKAD.CO. Untuk SEO terbaik, mereka mampu mengukur dengan tepat tingkat permintaan dan persaingan di internet, sehingga mampu memilih strategi marketing online yang tepat sasaran dengan ROI yang cepat setelah melakukan riset (competitive market research).

“Instead of one-way interruption, web marketing is about delivering useful content at precisely the right moment when a buyer needs it.” ~ David Meerman Scott, Author, The New Rules of Marketing and PR
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.