5 Tempat Kos Murah di Semarang

Semarang

Kota Semarang menjadi magnet bagi kaum urban dan pelajar yang tinggal di kota-kota kecil di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Tentu mereka perlu menyewa tempat tinggal atau yang lazim disebut kos-kosan.

Ibu Kota Provinsi Jateng itu diminati kaum pekerja karena UMK (upah minimum kota) yang paling tinggi di antara kota lain di provinsi tersebut, yakni Rp 3.243.969.  

Semarang juga menjadi tujuan para pelajar karena terdapat Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Katolik Sugijapranata (Unika), dan lain-lain. 

Para pekerja dan pelajar itu tentu membutuhkan tempat kos yang terjangkau bagi mereka atau kos-kosan murah. Selain murah dalam harga sewa, juga memiliki kemudahan lain, seperti dekat dengan toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, dekat dengan warung makan, warung kelontong, laundry, disamping itu juga bebas banjir, dan lain-lain.

Berikut ini Benhil mengumpulkan dari berbagai sumber, 5 tempat atau daerah kos-kosan di Semarang yang murah, nyaman, dan dekat dengan fasilitas publik, yaitu:

1. Banyumanik

Jarak daerah ini dengan Undip sekitar 2 Km, sehingga mahasiswa perlu memiliki kendaraan untuk memudahkan mobilitas sehari-hari. Harga makanan di Banyumanik cukup terjangkau karena berada di daerah perumnas.

2. Jatingaleh

Daerah ini tidak jauh dengan Kampus Unika dan pusat kota Semarang, sehingga memudahkan penyewa kos. Letaknya dekat dengan perkampungan sehingga penduduk setempat banyak yang membuka warung makan.

3. Kedungpane

Wilayah Kedungpane dekat dengan kota satelit BSB (Bukit Semarang Baru) Ngaliyan yang terdapat pusat industri, perkantoran, perbelanjaan, kampus baru Unika, dan lain-lain. Saat ini di daerah tersebut kebanyakan menyediakan kos yang tarifnya menyesuaikan dengan pekerja pabrik, namun di masa mendatang bisa jadi akan bermunculan kos eksklusif untuk para pekerja.

4. Gunungpati

Meski sebagian besar masih berupa wilayah pedesaan, Gunungpati mulai menyediakan beberapa rumah kos bagi pelajar (Kampus Unnes) dan pekerja. Di jalan utama Gunungpati juga banyak terdapat warung makan dengah harga ringan.

5. Krapyak

Meski berada di Semarang bawah, daerah Krapyak relatif tinggi sehingga bebas banjir. Harga sewa kos di Krapyak cukup murah karena agak jauh dengan pusat kota dan kampus.

Selain banyak tersedia kos murah, ke-5 daerah tersebut juga relatif aman karena kepedulian warga di sana terhadap keamanan di wilayah tersebut. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form