Kisah Ojol Raih 2 Juta Selama Lebaran 2024, Bisakah Berlanjut?

Ojol

Hari raya Lebaran memang menjadi berkah bagi banyak orang, tidak terkecuali bagi para ojol (ojek online). Sebagian dari mereka mampu meraup penghasilan hingga Rp 2 juta selama hari raya Idul Fitri 2024.

Para ojol berharap penghasilan lumayan tersebut bisa terus bertahan hingga libur Lebaran usai.

Perihal penghasilan sebesar Rp 2 juta itu disampaikan oleh Santoso (44 tahun), seorang mitra aplikasi berbasis transportasi berjenis Gojek.

"Selama libur Idul Fitri dari Senin sampai Jumat, saya bisa mengantongi sekitar dua juta," ujar ojol yang biasa mengambil orderan di daerah Simpang Lima, Semarang itu.

Santoso menerangkan kalau penghasilan tersebut sudah termasuk tips dan insentif.

"Dari order yang setiap hari sekitar 25 sampai 30, saya memperoleh pendapatan sekitar dua ratus lima puluh ribu. Ditambah tips dan insentif bisa sampai seratus lima puluh ribu. Jadi totalnya bisa sampai empat ratus ribu," katanya kepada Benhil pada Minggu, 14 April 2024.

Santoso mengaku orderan selama libur lebaran sangat berlimpah hingga dirinya kewalahan.

"Setiap menyelesaikan pesanan, langsung dapat lagi. Begitu terus dari pagi sampai malam," ujar pria yang sudah bergabung dengan Gojek sejak 2018 itu.

Perihal pesanan yang berlimpah tersebut, pihak Gojek yang diwakili oleh  SVP Corporate Affairs Rubi W. Purnomo menerangkan kalau hal itu disebabkan banyak driver Gojek yang pulang kampung saat libur Lebaran.

Kenaikan Tarif

Pendapatan yang lumayan juga dirasakan oleh ojol lain, sebagaimana disampaikan oleh Abidin (35 tahun).

"Selama libur Lebaran, tarif Grab naik tiga ribu rupiah. Kalau sehari dapat dua puluh lima order, dari kenaikan tarif itu saja sudah dapat tujuh puluh lima ribu," ujar ojol Grab yang biasa mangkal di sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta itu.

Abidin menerangkan kalau penghasilan perharinya sekitar kenaikan tarif itu.

"Rata-rata perhari saya dapat 75 ribu sampai 80 ribu. Penghasilan itu tidak banyak, tapi untungnya saya punya penghasilan tetap setiap bulannya," ujar pria yang mengaku bekerja di sebuah hotel bintang 3 di Kota Pariwisata itu.

Saat Ditanya, apakah penghasilan besar selama Lebaran 2024 itu bisa bertahan setelah liburan usai, baik Santoso dan Abidin tidak bisa memastikan. 

"Kalau bertahan [meraih penghasilan bagus] kelihatannya sulit, tapi semoga tidak turun drastis," ujar Santoso.

Pekerjaan ojol, menurut Abidin, tidak pasti, Jadi saat pendapatan bagus perlu pintar menabung untuk persiapan saat orderan sepi. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form