Viral Petugas Dishub Nemplok di Kap Mobil, di Barat Dipenjara 6 Tahun

Petugas Dishub

Video penampakan anggota Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang terjebak atau nemplok di atas kap mobil menjadi viral di internet. Salah satu netizen berkomentar, membahayakan petugas yang sedang berdinas bisa di penjara lama.

Insiden tersebut terjadi pada Rabu, 3 Januari 2024, sekitar pukul 13.00 WIB. Berikut ini kronologinya:

1. Siang itu beberapa anggota Dishub sedang melaksanakan pengawasan parkir liar di area Setiabudi. Lalu tiba-tiba seorang yang sedang mengemudikan mobil Avanza merah terlihat mengacungkan jari tengah sambil merekam reaksi atau tindakan anggota Dishub.

"Pengendara tersebut melintas sebanyak empat kali di lokasi tersebut, sambil mengacungkan jari tengah ke petugas," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo pada Kamis, 4 Januari 2023.

2. Anggota Dishub mencoba memberhentikan mobil Avanza merah itu dan menanyakan pada pengendara alasan mondar mandir dengan mengacungkan jari tengah. Tapi pengemudi itu tidak mematuhi dan malah berupaya pergi.

3. Dalam upayanya melarikan diri, pengemudi itu bahkan hampir menabrak angggota Dishub. Salah satu petugas Dishub yang berusaha menghindar dari lacu mobil itu lantas malah terjebak atau nemplok di kap mobil dan terbawa sampai daerah Menteng.

Syafrin menambahkan, pengendara mobil Avanza merah itu juga menabrak pengemudi motor, tapi dia tidak memperdulikannya dan masih melaju kencang.

4. Laju mobil itu baru bisa dihentikan setelah ada dua warga yang mengejar dan menyetop mobil itu di Menteng. Si Pengendara beserta mobilnya langsung dibawa ke Polsek Setiabudi. Akhirnya, masalah itu diselesaikan dengan damai.

"Selanjutnya permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan dan pengemudi telah meminta maaf kepada petugas Dishub," kata Syafrin.

Dipenjara 6 Tahun

Kejadian tersebut memancing banyak komentar netizen di internet. Sebagian besar menertawakan kejadian itu dan membela si pengemudi Avanza merah.

'Sopir pemberani dan tangguh,' tulis seorang netizen.

'Mantap pak sopir,' yang lain menambahkan.

'Bawa jauh aja dia,' komentar bernada sama.

Meski sedikit, namun ada juga komentar yang melihat permasalahan secara faktual.

'Si sopir membahayakan dan bisa dihukum,' tulis netizen.

'Kalau di negara-negara Barat, membahayakan petugas yang sedang berdinas bisa dipenjara 6 tahun,' tulis yang lain.  

Komentar terakhir cukup beralasan, beberapa kejadian penyerangan pada petugas negara Barat (khususnya di Amerika Serikat/AS) dihukum penjara sekitar 6-7 tahun.

Salah satunya adalah Julian Khater (32 tahun) yang menyerang polisi bernama Brian Sicknick dengan semprotan merica di Washington, AS, dijatuhi hukuman 80 bulan penjara. [Benhil]



Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form