Tindakan Jika Temui Web Yang Menyamar Perusahaan Anda

Situs Web Penipu

Setiap hari sekitar 18.000 situs web penipuan dibuat. Berikut ini 5 cara untuk melindungi website perusahaan Anda. 

Banyak di antara web palsu yang menyamar berbagai perusahaan. Jika Anda punya web perusahaan, bisa jadi ada link palsu yang menyamar seperti website milik perusahaan Anda tersebut. Tindakan ini termasuk kategori phishing.

Dilansir dari situs Fraudwatch, situs-situs palsu itu dibuat untuk mencuri informasi pribadi, data keuangan, dan mengunduh file berbahaya yang bisa membahayakan sistem komputer milik klien. Situs bermasalah itu telah merugikan banyak perusahaan dan individu sebesar triliunan rupiah akibat pencurian. Mereka juga mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk biaya perbaikan dan biaya IT. Parahnya, situs web palsu juga bisa membahayakan reputasi perusahaan Anda.

Jadi jika Anda menemukan situs web palsu atau link phishing, langkah pertama adalah melaporkannya. Cara lain adalah menggunakan penyedia jasa, cara mengatasi atau menghapus link phishing.

Cara Mengenali Situs Palsu dan Phishing

Berikut ini 3 cara sederhana untuk mengenali link asli atau tipu-tipu alias palsu:

  • Periksa nama domain, lakukan pencarian untuk memastikan Anda berada di situs resmi.
  • Meminta pembayaran lewat transfer bank ke nomor rekening yang mencurigakan.
  • Memberikan penawaran berlebihan (seperti harga sangat murah, diskon besar-besaran, dan lain-lain).

Jika menemukan situs web phishing dengan ciri-ciri tersebut, lebih baik mengambil langkah antisipasi.

5 Langkah untuk Menghapus Situs Web Palsu Secara Permanen

Jika mendapati website penipuan yang memakai perusahaan Anda, tidak perlu panik. Berikut ini 5 langkah menonaktifkan situs web dengan mudah dan permanen, yaitu:

1. Kirimkan surat penghentian kepada pendaftar domain

Langkah pertama yaitu mengirim surat atau email penghentian ke admin situs atau pendaftar domain (menggunakan layanan pencarian domain seperti ICANN atau DomainTools) dan minta mereka menghentikan aktivitas ilegal itu. Jika Anda tidak mendapatkan respon atau mendapatkan jawaban yang kurang memuaskan, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Mengirimkan surat penghentian ke platform CMS

Langkah kedua adalah mengirimkan email penghentian ke platform CMS yang dipakai. Platform itu bisa berupa WordPress, Shopify, Wix, Webflow, dan lain-lain. Anda juga bisa melaporkan situs web palsu ke pendaftar domain (seperti GoDaddy atau NameCheap). Jika registrar bukan pemilik, mereka mungkin dapat membantu Anda melacak pemiliknya.

3. Berikan bukti kepada penyedia web hosting

Saat Anda melaporkan situs web, penyedia hosting hanya akan menghapusnya jika Anda dapat memberikan bukti bahwa situs tersebut palsu. Kirimkan tangkapan layar (screen shot) mengenai hal-hal yang tampaknya tidak benar, seperti variasi nama domain dibandingkan dengan nama domain yang sah, salah ejaan, tautan penipuan, alamat palsu, dan lain-lain. Perlu diingat, web hosting tidak ingin situs ilegal ada di platform mereka, termasuk tindakan phishing. Jadi mereka akan bekerja sama dengan Anda untuk menghapus situs tersebut jika itu benar-benar palsu.

4. Bersikaplah gigih

Jika pada awalnya, web hosting menolak untuk menghapus situs palsu karena kurangnya bukti, maka Anda perlu terus mengumpulkan bukti. Cobalah untuk berinteraksi dengan penipu melalui obrolan online jika memungkinkan dan ambil tangkapan layar untuk menangkapnya (captured screen).

5. Hubungi Google

Jika Anda masih belum berhasil, cara menghapus website berikutnya adalah dengan melaporkannya ke Google. Google memiliki alat penghapusan konten berdasarkan laporan, yang kemudian akan diselidiki oleh Google dan akan dihapus jika memang terbukti palsu atau ilegal.

Hal yang paling menjengkelkan saat menghapus situs web palsu adalah menyadari kalau penipu bisa membuat situs palsu lagi, dengan nama domain baru. Jadi mengawasi situ web penipuan adalah usaha memerlukan perhatian secara terus-menerus. 

Jika cara di atas tidak dapat Anda lakukan sendiri, opsi lain boleh mencari penyedia jasa profesional, agency yang memiliki layanan bisnis menghapus link phishing secara permanen dari laman pencarian Google. Informasi tentang ini ada diulas di media daring seoTama. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form