Ini Sebab Order Ojol Semarang Meningkat Saat Musim Hujan

Ojol

Saat hujan turun bisa jadi hal menjengkelkan bagi banyak orang, tapi tidak dengan ojol (ojek online) Semarang. Masuk musim hujan November 2023, order transportasi berbasis aplikasi itu meningkat.

Bagi ojol yang sudah bekerja beberapa tahun, mereka paham kalau musim hujan adalah waktu yang tepat untuk mengambil banyak orderan sehingga bisa mengumpulkan pendapatan. menurut beberapa driver ojol, penyebab peningkatan pesanan itu berbeda-beda.   

Yanto (43 tahun) menyatakan ramainya order saat musim hujan karena banyak driver yang mematikan aplikasinya.

"Mereka mematikan aplikasinya agar performa tidak hancur, sehingga bisa dapat insentif atau riwayat aplikasinya terjaga," ujarnya pada Benhil pada Kamis, 16 November 2023.

Riwayat aplikasi itu, menurut pria yang sudah bergabung dengan Gojek Sejak 2017, sangat penting karena menjadi kinerja para ojol.

"Kalau riwayatnya sering menolak order, maka aplikasi-nya akan jarang menerima order. Sebaliknya, kalau dia sering menerima order, maka akan sering dapat order," ujar ojol yang biasa mangkal di daerah Tembalang itu.

Yanto menerangkan, saat banyak ojol yang mematikan aplikasi, maka order semakin berlimpah sehingga ojol yg masih mengaktifkan aplikasinya bisa panen pesanan.

"Setiap menyelesaikan order, langsung dapat lagi," ucapnya.

Customer Malas

Keterangan driver Gojek itu berbeda dengan driver Grab. Menurut Ardy (37 tahun), penyebab order ramai saat hujan adalah karena semakin banyak customer yang memesan lewat aplikasi.

"Saat hujan banyak customer malas keluar rumah dan pilih pesan makanan lewat aplikasi. Jadi orderan meningkat," ujar driver yang bergabung dengan Grab sejak tahun 2018 itu.

Ardy menyatakan hal itu menjadi berkah bagi ojol karena bisa meningkatkan pendapatan.

Berbeda dengan Gojek dan Grab, seorang driver ShopeeFood bernama Diaz (22 tahun) menyatakan kalau ramainya order itu dipicu oleh promo.

"Kalau ada promo pasti order ShopeeFood jadi ramai," ujarnya.

Saat ditanya, apakah mereka tetap semangat menjalankan saat hujan.

Yanto, Ardy, dan Diaz menjawab senada, yakni sangat bersemangat menjemput rejeki.

"Soalnya kalau musim kemarau oderannya sepi banget," ujar Yanto sembari tersenyum. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form