Google Hapus Aplikasi 'Pembersih' dari Play Store

 

Play Store


Dalam upaya untuk membuat Play Store bebas dari malware dan aplikasi sampah, Google terus memindai aplikasi yang berpotensi berbahaya dan bahkan menghapusnya dari toko. Aplikasi yang menawarkan janji palsu dan mendistribusikan malware selalu ada di radar. 

Namun, terkadang aplikasi asli juga harus menderita karena mekanisme penghapusan otomatis di Google Play Store. Dalam praktik penghapusan baru-baru ini, Google telah menghapus beberapa aplikasi "Pembersih" termasuk SD Maid yang populer.

Para pengembang aplikasi-aplikasi ini membagikan penderitaan mereka di Reddit dan menginformasikan tentang penghapusan mendadak dan penghentian akun secara penuh dari Play Store. 

Khusus untuk aplikasi SD Maid, alasan penghapusan disebut sebagai pelanggaran "kebijakan Stalkerware" Google. 

Mempertimbangkan klaim pengembang, tidak ada fitur yang memungkinkan mereka menguntit privasi dan data pengguna. Bahkan, kode sumber SD Maid terdaftar di GitHub. Berikut ini alasan rinci penghapusan aplikasi SD Maid.

Baca juga: TikTok Mengintegrasikan Iklan ke dalam Pencarian

Alasan penghentian: Kami telah mengidentifikasi pola risiko tinggi atau penyalahgunaan yang terkait dengan Akun Pengembang Anda dan mengambil tindakan ini sesuai dengan Bagian 8.3/10.3 Perjanjian Distribusi Pengembang Google Play.

Nah, dikutip dari Gizmochina, ada beberapa kata dalam deskripsi SD Maid yang dapat membuatnya masuk dalam kategori mencurigakan untuk alat penghapus otomatis. 

Melalui deskripsi Aplikasi SD Maid, kita dapat melihat beberapa kata kunci yang dapat meningkatkan tiga alis. Berikut adalah cuplikan dari deskripsinya:

- Jelajahi seluruh perangkat Anda dan memanipulasi file melalui penjelajah file yang lengkap.

- Menghapus file yang tidak berguna dari sistem Anda.

- Mengelola aplikasi pengguna dan sistem yang terinstal.

- Mendeteksi file yang sebelumnya dimiliki oleh aplikasi yang dihapus.

- Mencari file berdasarkan nama, konten, atau tanggal.

- Mendapatkan gambaran umum terperinci tentang penyimpanan perangkat Anda.

- Mengoptimalkan basis data.

- Lakukan pembersihan aplikasi yang sebenarnya dan hapus file yang tidak terpakai, yang menggantikan apa yang orang lain sebut sebagai 'pembersihan cache'.

- Mendeteksi gambar, musik, atau dokumen duplikat, terlepas dari nama atau lokasi.

- Menjalankan alat secara otomatis sesuai jadwal atau melalui widget.

Peringatan Dini

Sebagian besar pengembang aplikasi mengatakan bahwa Google telah menyebutkan alasan yang sama di balik penangguhan Aplikasi Pembersih mereka. 

Baca juga: Cegah Penipuan Identitas, X Segera Perkenalkan Verifikasi ID Baru

Namun, belum diketahui aapa alasan pastinya, tetapi Google telah memperingatkan tahun ini tentang pedoman baru yang terkait dengan Aplikasi "Perilaku Menipu". 

Aplikasi yang tidak menjelaskan secara tepat penggunaan aplikasi masing-masing termasuk dalam "Perilaku Menipu".

Kebijakan "Deceptive Behaviour" entah bagaimana berlaku untuk Aplikasi Pembersih yang memasarkan diri mereka sebagai aplikasi penambah kecepatan. Tetapi melanggar kebijakan.

"Kebijakan Stalkerware" sepertinya sulit untuk dipahami saat ini. Nah, Google lebih tahu aplikasi mana yang melanggar kebijakan Play Store dengan cara yang lebih baik.

Previous Post Next Post

Contact Form