Meta Perkenalkan Alat Kontrol Orang Tua untuk Instagram dan Messenger

Meta



Meta, perusahaan induk dari Instagram dan Facebook, telah mengumumkan peluncuran alat kontrol orang tua baru untuk platformnya. Alat-alat ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna muda dan mendorong kebiasaan digital yang sehat. 

Pembaruan ini mencakup pusat pengawasan orang tua di Messenger, pemblokiran proaktif terhadap pesan langsung yang tidak diinginkan (DM) di Messenger dan Instagram, dan pengingat bagi remaja untuk beristirahat dari penggunaan aplikasi.

Kontrol Pengawasan Messenger: Pantau Pengaturan Privasi dan Keamanan Remaja

Dikutip dari Gizmochina, kontrol pengawasan Messenger pada awalnya akan tersedia di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada melalui Meta's Family Center. 

Orang tua atau wali akan memiliki akses ke pengaturan privasi dan keamanan anak remaja mereka, diberitahu jika ada perubahan pada daftar kontak Messenger mereka, dan memantau jumlah waktu yang dihabiskan dalam aplikasi.

Baca juga: Telegram Akan Segera Memperkenalkan Fitur 'Stories'

Mereka juga akan menerima notifikasi jika anak remaja mereka melaporkan seseorang; namun, izin eksplisit dari anak remaja diperlukan untuk fitur ini.

Orang tua akan dapat mengelola pengaturan seperti siapa yang dapat mengirim pesan kepada anak remaja mereka (hanya teman, teman dari teman, atau tidak seorang pun) dan siapa yang dapat melihat cerita mereka. Setiap perubahan yang dilakukan pada pengaturan ini akan memicu pemberitahuan untuk wali.

Instagram telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi interaksi antara remaja dan orang dewasa yang tidak dikenal, dan pembaruan terbaru melibatkan pengguna yang mengirimkan undangan hanya melalui teks untuk meminta izin sebelum berinteraksi dengan seseorang yang tidak dikenal.

 Fitur ini dirancang untuk meningkatkan keamanan dan mencegah kontak yang tidak diinginkan.

Untuk mempromosikan kebiasaan digital yang sehat, Instagram dan Facebook akan memperkenalkan kontrol untuk mengurangi penggunaan yang berlebihan. "Mode Tenang" Instagram yang sudah ada, yang memungkinkan pengguna untuk menjeda notifikasi dan mengatur balasan otomatis saat beristirahat, sekarang akan tersedia secara global.

 Facebook akan memberi tahu pengguna setelah 20 menit penggunaan terus menerus untuk mendorong mereka beristirahat, dan juga akan mengingatkan para remaja untuk menutup aplikasi saat menonton Reel di malam hari.

Baca juga: Fitur Stiker Besar WhatsApp Diluncurkan Khusus untuk Pengguna Beta Windows

Meta juga memperkenalkan pemberitahuan baru di Instagram, mendesak para remaja untuk mengizinkan wali mereka mengawasi akun mereka untuk perlindungan tambahan. Orang tua akan memiliki kemampuan untuk melihat pengikut bersama dan akun yang diikuti oleh anak remajanya.

Awal tahun ini, Meta menerapkan kontrol atas penargetan iklan untuk remaja dan memperkenalkan alat untuk mencegah penyebaran gambar-gambar intim oleh anak di bawah umur.

 Namun, perusahaan ini telah menghadapi pengawasan atas pelanggaran privasi yang terkait dengan data anak-anak dan sebelumnya didenda lebih dari $400 juta karena melanggar peraturan GDPR. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form