Perbedaan Band The Rolling Stones dan Majalah Rolling Stone

The Rolling Stones

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya kenapa ada 2 nama legendaris Rolling Stones untuk band rock dan majalah. Berikut ini penjelasan dan perbedaannya.

Ternyata cikal bakal dan mulai beken dari nama yang dipakai oleh band dan majalah tersebut hampir sama, yakni mulai pertengahan tahun 1960'an.

Harus diakui, awalnya memang band The Rolling Stones dulu yang memakai nama itu pada tahun 1963. Kemudian tanpa berniat meniru nama itu, Jann Wenner memberi nama majalah yang dibesutnya dengan nama Rolling Stone pada 1967.

Nyatanya, keduanya terinspirasi dari sumber yang sama.

Grup rock The Rolling Stones dibentuk pada Januari 1963 dan digawangi oleh Mick Jagger (vokal) dan Keith Richards (gitar). Awalnya, band ini memiliki anggota bernama Brian Jones yang memilihkan nama legendaris itu.

Saat itu grup musik-nya Mick Jagger itu belum punya nama. Ketika ditanya tentang nama band, Brian Jones (yang kebetulan penggemar musik blues) serta merta melirik rekaman Muddy Waters tahun 1948 di mana salah satu lagunya berjudul Rollin' Stone. Dengan yakin, dia menyebut band itu dengan The Rolling Stones.

Sedangkan majalah Rolling Stone yang didirikan pada 1967 juga memilih nama yang sama karena pendirinya, Jann S. Wenner terinspirasi dari rekaman musisi blues itu.

Majalah Rolling Stone

Perseteruan

Kemiripan nama The Rolling Stones dan Rolling Stone itu ternyata tidak berjalan mulus dan cenderung menjadi polemik. Puncaknya terjadi pada 1 November 1967, di mana pihak manajemen band The Rolling Stones mengajukan tuntutan pada majalah Rolling Stone. 

Pengacara Barry L. Fredericks yang mewakili band The Rolling Stones menuntut Rolling Stone untuk menarik tabloidnya (saat itu belum berupa majalah) dari peredaran. 

Alasannya, karena nama yang hampir sama yang dipakai tabloid itu bisa mengakibatkan kebingungan bagi publik. 

Tidak ingin masalah itu berlarut-larut, besoknya, 2 November 1967, Jann S. Wenner secara pribadi mengirim surat langsung pada Mick Jagger. Isi surat itu adalah permintaan agar The Rolling Stones meninjau ulang tuntutan itu. 

Akhirnya, mereka bersepakat kalau nama The Rolling Stones tetap dipakai sebagai nama band dan Rolling Stone dipakai untuk majalah. Meskipun begitu, keduanya tidak berhubungan sama sekali.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan antara kedua nama yang hampir sama itu, yaitu:

Grup Band

1. Nama resminya adalah The Rolling Stones.

2. Band rock yang berasal dari London, Inggris.

3. Pentolan grup adalah Mick Jagger dan Keith Richards.

Majalah

1. Nama resminya adalah Rolling Stone.

2. Diterbitkan pertama kali di San Francisco, Amerika Serikat oleh Jann Wenner, dan kritikus musik Ralph J. Gleason.

3. Mengulas tentang musik, politik, dan budaya populer.

Hingga saat ini, baik band The Rolling Stones dan majalah Rolling Stones masih aktif dan menjadi barometer utama musik dunia. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form