Populasi Indonesia Potensi Raih Rp40 Triliun dari Industri Game

Bermain Game

Indonesia telah masuk sebagai negara di peringkat 'Enam Besar' bagi industri mobile gaming di Asia Tenggara. Melihat populasinya, potensi yang bakal diraih dari industri itu adalah Rp40 triliun.

Sebagai negara terpadat ke-4 di dunia, bangsa kita adalah salah satu pasar yang paling menjanjikan dengan populasi mencapai 3,5% dari jumlah global, setelah China, India, dan AS.

Bagi pengusaha game, kesempatan meraih pasar Indonesia tetap terbuka lebar karena terdapat 111 juta pemain game yang aktif. Sedangkan Esports menjadi olahraga online yang sangat diminati.

Kondisi tersebut menjadikan para pengusaha game merasa sayang untuk melewatkan negara kita untuk mempromosikan produk mereka. Sayangnya pasar game didominasi oleh pengusaha asing.

Negara dengan Pasar Game yang Berkembang Pesat

Dilansir dari laman Localize Direct, pada 2020, game yang terdapat di PC (personal computer) dan telepon pintar (seluler) menunjukan pertumbuhan signifikan dengan meraup pendapatan $765 juta. Selama 2 tahun terakhir, game dari seluler tumbuh sebesar 40%.

Tahun ini, pendapatan pasar game Indonesia diperkirakan sebesar $1,9 miliar. Dalam 5 tahun ke depan, bakal terus meningkat hingga $2,7 miliar atau setara Rp40 triliun.

Optimisme pasar game di negara kita berdasarkan pada fakta kalau saat ini hanya 65% penduduk Indonesia yang mampu mengakses Internet, sehingga masih ada kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis ini.

Genre Video Game Paling Populer di Indonesia

Genre video game yang paling disukai di negara kita adalah MOBA, Battle Royale, Shooting, RPG, dan Advanced Casual.

Pada tahun 2019, untuk seluler, aksi adalah game paling diminati dan menghasilkan 20% unduhan dan 43% pendapatan. Kemudian diikuti oleh arcade dan simulasi.

Sedangkan untuk PC, genre game konsol yang paling diminati adalah MMO (Battle Royale), dan MOBA dan strategi. Game yang paling menguntungkan dan diunduh (Garena Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile) milik aksi dan MOBA. 

Untuk Game bergenre Trivia, Casino, dan Card yang paling tidak diminati oleh para gamer Indonesia. [Benhil] 

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form