Lotus Luncurkan SUV Supercar Listrik Murni Bersama Sistem Pengisian Daya Robotik

 

Sistem Pengisian Daya Robotik



Produsen mobil terkenal asal Inggris, Lotus membuat gebrakan di Shanghai Auto Show 2023 dengan meluncurkan "robot pengisian daya flash" pertama di dunia yang diproduksi secara massal yang mereka kembangkan secara mandiri. 

Perusahaan tersebut meluncurkannya bersamaan dengan SUV Lotus Eletra Electric. Menurut laporan, sistem pengisian daya robot ini dapat menghasilkan daya hingga 500 kilowatt dan menjadikannya salah satu perangkat pengisian daya cepat yang paling kuat yang tersedia di pasaran saat ini. 

Kepala pengisi daya dapat dimasukkan ke dalam port pengisian daya kendaraan secara otomatis, berkat lengan robot, tanpa memerlukan campur tangan manusia.

Selain itu, sistem pengisian daya memiliki fitur-fitur seperti otomatisasi dan kecerdasan, yang memungkinkannya untuk bergerak di lintasan di tanah dan beradaptasi dengan lokasi port pengisian daya yang berbeda dan situasi parkir.

Baca juga: 15 Istilah Ojek Online, Nomor 2, 3, dan 4 Sangat Menjengkelkan

Eletre adalah SUV Listrik pertama Lotus di pasar, yang awalnya diumumkan pada tahun 2022.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Lotus juga memamerkan SUV supercar listrik murni Eletre dan sistem pengisian daya robot yang menyertainya di Shanghai Auto Show.

Eletre adalah SUV listrik pertama Lotus dan dianggap sebagai produk penting untuk masuk ke pasar Tiongkok.

Kendaraan ini didukung oleh motor listrik torsi tinggi dengan kode nama EDS2, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum lebih dari 600 tenaga kuda. 

Dikutip dari Gizmochina, Eletre memiliki gearbox dua kecepatan pada motor gandar belakang dan mengadopsi sistem penggerak empat roda yang dikontrol secara elektronik.

Lotus mengklaim bahwa Eletre dapat melaju dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2,95 detik dan menempuh jarak jelajah maksimum 600 kilometer (373 mil) dengan sekali pengisian daya, sesuai dengan standar WLTP. 

Kapasitas baterai kendaraan ini melebihi 100kWh, dan hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk mengisi ulang daya dengan kondisi pengisian daya 350kW, yang memungkinkan mobil ini melaju sejauh 400 kilometer (248 mil). 

Eletre juga kompatibel dengan pengisian daya AC 22kW. Lotus mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Eletre di Cina pada tahun 2023.

Lotus dilaporkan berencana untuk memperkenalkan 50 unit sistem robot pengisian daya flash di Cina, yang akan kompatibel dengan kendaraan listrik. 

Masih harus dilihat apakah sistem pengisian daya inovatif ini akan tersedia di belahan dunia lainnya. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form