Velimotor VMX 08, Motor Listrik Serat Karbon Ringan

 

Velimotor VMX 08


Velimotor VMX 08, kendaraan roda dua listrik off-road Cina, merupakan tambahan yang menarik untuk kategori sepeda motor listrik off-road yang sedang booming.

Kendaraan ini berada di antara sepeda gunung dan enduro listrik, sebanding dengan Light Bee dari Sur-Ron, kendaraan roda dua listrik Cina lainnya yang telah populer di banyak pasar.

Dari segi konstruksi keseluruhan, Velimotor VMX 08 jelas dirancang dengan menjaga bobot serendah mungkin.

Dikutip dari Rideapart, komponen laminasi serat karbon VMX 08 meliputi rangka, lengan ayun belakang, panel bodi, dan bahkan setang.

Menurut Velimotor, VMX 08 memiliki bobot kurang dari 50 kilogram. Tepatnya, bobot keseluruhan disebut 47,5 kilogram, bobot untuk sepeda atau pedelec, tapi sangat ringan untuk sepeda motor listrik.

     • Baca juga: Yamaha Hadirkan Skuter Grand Filano Bergaya Klasik di Indonesia

Sebenarnya VMX 08 adalah sepeda motor ringan. Motor listrik ini memiliki output puncak 6.000 watt (sekitar delapan tenaga kuda) dan kecepatan tertinggi yang dilaporkan hingga 62 mil per jam.

Mesin sinkron berpendingin udara 72 volt dengan magnet permanen diposisikan di bawah lengan ayun karbon.

Karena berbatasan langsung dengan titik pivot lengan ayun, mesin memiliki pusat gravitasi yang rendah dan distribusi bobot yang optimal.

Sel lithium-ion dalam paket baterai memiliki kapasitas 45 Ah, memungkinkan jangkauan hingga 168 mil. Menurut Velimotor, angka kisaran ini hanya layak jika Anda berkendara dengan lembut dan tidak lebih cepat dari 28 mil per jam.

Namun, Velimotor belum membagikan informasi lebih lanjut tentang baterai atau waktu pengisian.

     • Baca juga: Honda Rilis CB1000R dan CB1000R Black Edition di Jepang

Kaki VMX 08 termasuk roda wire-spoke bersepatu ban off-road yang menonjol. Dengan rem cakram hidraulik depan dan belakang, sistem pengereman harus memberikan gaya pengereman yang memadai bahkan di jalur yang paling menantang dan medan off-road.

Dalam hal suspensi, bagian depan empuk dan diredam oleh garpu teleskopik terbalik, sedangkan bagian belakang ditangani oleh monoshock yang dipasang di tengah.

VMX 08 Velimotor berharga $ 3.080 dan dilengkapi dengan kokpit LCD kecil, lampu LED di sekelilingnya, dan braket untuk lampu belakang dan pelat nomor yang dipasang di lengan ayun.

Berdasarkan spesifikasi dan angka performa, tidak jelas apakah VMX 08 akan legal di jalanan. Itu memang memiliki lampu depan, kaca spion, dan sinyal belok, tetapi kemungkinan besar itu harus didaftarkan sebagai sepeda motor dan kemungkinan akan diperlukan lisensi. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form