Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan

Ilustrasi Perbedaan

Sifat gen dan kromosom menjadikan manusia terbentuk secara berbeda-beda. Namun, walau berbeda-beda, setiap manusia wajib untuk menghargai kondisi tersebut.

Meskipun begitu, sikap menghargai perbedaan itu bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap manusia. Penyebabnya adalah sifat dasar mahluk hidup yang cenderung superiority complex atau merasa lebih unggul.

Perasaan merasa lebih unggul tersebut tidak hanya pada prestasi saja, melainkan pada ideologi, spiritual, warna kulit, gaya hidup, status sosial, dan masih banyak lagi. Intinya setiap manusia ingin dipandang lebih baik daripada yang lain.

Dulu perbedaan tersebut menjadikan banyak permusuhan dan perang terjadi di belahan dunia. Sadar kalau persaingan antar manusia tidak dapat dihindari, maka mereka mencetuskan permainan atau olahraga.

Alih-alih bersaing di medan perang (yang merugikan banyak pihak), maka jauh lebih baik jika manusia saling bersaing dalam olahraga. Kancah olahraga paling bergengsi di dunia adalah olimpiade.

Pada olimpiade, setiap negara mengirim orang-orang terbaiknya untuk bertanding kejuaraan melawan negara lain. Yang menjadi juara akan tercatat dalam tinta emas sebagai negara dengan manusia paling unggul di bidang tersebut.

Dalam pertandingan olahraga, perbedaan menjadi hal yang wajar dan tidak penting. Siapa saja bisa ikut bertanding asal mampu melakukan yang terbaik.

Sifat dasar superiority complex manusia bisa tersalurkan dengan baik dalam pertandingan olahraga. Kalau memang merasa lebih unggul, maka dia harus memenangkan pertandingan itu dan bukan dengan merasa lebih unggul dari yang lain berbasis perbedaan.

5 Alasan Kenapa Kita Harus Menghargai Perbedaan

Bagi Anda yang belum paham kenapa kita perlu menghargai perbedaan, berikut ini Benhil mengumpulkan dari berbagai sumber 5 alasannya, yaitu:

1. Untuk Kedamaian Hidup

Dengan menghargai perbedaan, maka kita akan terhindar dari permusuhan skala kecil atau besar. Sehingga membuat kehidupan di dunia ini bisa lebih aman dan tentram.

2. Fokus Pada Teknologi

Jika kita fokus pada teknologi yang membuat kehidupan manusia lebih baik, maka kita dituntut agar bisa bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda di seluruh dunia.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Kualitas hidup dan harapan hidup manusia sangat dipengaruhi oleh cara pandang mereka terhadap perbedaan. Jika kondisi masyarakatnya plural dan saling menghormati, maka harapan hidupnya jadi lebih panjang. Contoh dari kondisi itu adalah masyarakat Yogyakarta.

4. Menunjukan Kedewasaan Berpikir

Ciri kedewasaan berpikir adalah dengan menghargai perbedaan dalam segala hal. Bahkan orang yang matang dalam berpikit mudah berempati pada orang yang berbeda dan kurang beruntung.

5. Peradaban Manusia Lebih Baik

Peradaban manusia mulai tercatat 5000 tahun yang lalu sejak bangsa Mesopotamia menemukan tulisan. Hingga saat ini, peradaban manusia terus berkembang menjadi lebih baik. Jika kita tidak menghargai sesama manusia, akan menjadikan peradaban manusia menjadi mundur dan punah.

Bukankah 5 hal itu adalah situasi yang paling berharga bagi kita semua? [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form