Cak Nun, Ratna Sarumpaet, dan Mereka yang Menyalahkan Setan

Cak Nun

 

Beberapa tokoh menyalahkan setan atas perbuatan yang telah mereka lakukan. Diantara tokoh tersebut adalah Emha Ainun Nadjib atau yang lebih dikenal dengan Cak Nun, Ratna Sarumpaet, ibu Mas Bechi pelaku pencabulan, Amien Rais, Andi Arief, dan seorang pastor.

Saat berbuat salah, mereka mengaku mendapat bisikan atau roh gaib yang disebut setan atau iblis. Biasanya mereka mengaku hal itu saat sudah tertangkap atau terdesak untuk mengakui kesalahan.

Berikut ini Benhil mengumpulkan dari beberapa sumber, 6 tokoh yang menyalahkan setan atas perbuatan yang mereka lakukan, yaitu:

1. Cak Nun

Budayawan Cak Nun menyatakan sedang 'kesambet' saat menyebut Presiden Joko Widodo  (Jokowi) seperti Firaun pada ceramahnya beberapa hari lalu.

Cak Nun

Suami mantan artis Novia Kolopaking itu mengaku tidak sadar apa yang merasuk ke dirinya waktu itu. Menurutnya, itu bisa saja iblis atau setan, malaikat, atau bisa jadi campur tangan Allah. 

"Itu pertanyaannya adalah kita belum tahu sekarang itu hidayah Allah, apa saya disesatkan oleh iblis, apakah saya dilulu (disuruh) oleh dajjal, siapa, saya belum tahu. Nanti kita lihat berikutnya akan terjadi apa," ujar Cak Nun.

2. Ratna Sarumpaet

Pada Oktober 2018, tokoh masyarakat Ratna Sarumpaet telah berbohong soal dianiaya sekelompok orang. Saat melakukan kebohongan itu, dia mengaku mendapat bisikan setan.

Ratna Sarumpaet

Saat dustanya ketahuan, kemudian Ratna muncul dan mengklarifikasi cerita sebenarnya. Dia menyatakan wajahnya yang lebam bukan karena kekerasan fisik, melainkan akibat operasi sedot lemak.

"Itu hanya cerita khayalan yang diberikan oleh setan mana ke saya dan berkembang seperti itu," ucapnya.

3. Ibu Mas Bechi (Pelaku Pencabulan Santriwati)

Sofwatul Ummah, ibu Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi, terdakwa pencabulan terhadap santriwati menyatakan kasus yang menimpa putranya merupakan hasil rekayasa yang dilakukan Jin Tomang. 

“Di balik rekayasa ini ulah Jin Tomang,” ujarnya pada awak media di depan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis, 17 Oktober 2022.

4. Amien Rais

Pada 16 April 2018, Amien Rais diduga telah mengucapkan ujaran kebencian terhadap beberapa partai dengan menyebut partai setan. Sedangkan Partai Gerindra, PKS, dan PAN oleh Amien disebut sebagai partai Allah.

"Bukan hanya PAN, PKS, Gerindra, tapi kelompok yang membela agama Allah, yaitu hizbullah. Untuk melawan siapa? untuk melawan hizbusy syaithan. Orang-orang yang anti-Tuhan, itu otomatis bergabung dalam partai besar, itu partai setan. Ketahuilah partai setan itu mesti dihuni oleh orang-orang yang rugi, rugi dunia rugi akhiratnya," ujarnya.

5. Andi Arief

Wakil Sekretaris Jendral partai Demokrat, Andi Arief menyatakan ada 'setan gundul' di kubu Prabowo Subianto.  Maksud pernyataan itu adalah klaim kemenangan 62 persen dari tim Prabowo saat pemilihan presiden atau Pilpres 2019 itu tidak memiki bukti yang kuat. 

6. Pastor Italia

Seorang pastor Italia yang melakukan pelecehan seksual pada gadis berusia 11 tahun mengaku dikuasai setan saat melakukan perbuatan bejat itu. Pastor bernama Paolo Glaentzer (70 tahun) kemudian dijatuhi hukuman tahanan rumah.

"Setan itu membuat saya untuk menyalahgunakan gadis tersebut," ujarnya dikutip dari media Corriere Fiorentino, Jumat, 10 Agustus 2018.

Enam daftar di atas hanya sedikit dari begitu banyak pernyataan tokoh masyarakat yang menyalahkan setan dan disampaikan ke ruang publik. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form