5 Rahasia Orang China Kaya Raya

Ilustrasi Orang Kaya

Beredar sebuah video di media sosial tentang 5 rahasia kenapa banyak orang china yang kaya raya. Ternyata ke-5 poin tersebut sangat sederhana dan relatif mudah untuk dipraktekan.

Seperti diketahui, banyak orang China yang hidupnya berlimpah dari hasil usaha atau berdagang. Bahkan kekayaan mereka mampu bersaing dengan di kancah nasional dan bahkan internasional.

Ternyata rahasia kekayaan mereka adalah dari etos mengelola keuangan yang ditanamkan sejak kecil. Hal itu diketahui dari sebuah video yang beredar di Facebook dan banyak dibagikan oleh warganet.

Berikut ini 5 rahasia kenapa orang China bisa kaya raya yang diambil dari video tersebut:

1. Menabung lebih dari separuh pendapatan. 

Sejak mulai berdagang atau bekerja, orang china mulai menabung lebih dari 50 persen dari pendapatannya. Jadi, saat pendapatan mereka sedikit, orang China menyesuaikan dengan pengeluaran yang juga lebih sedikit. Gaya hidup mereka akan berubah seiring dengan pendapatan.

2. Tidak masalah untung sedikit, yang penting laris. 

Saat berniaga, orang China berpatokan tidak masalah untung sedikit, namun barang yang dijual bisa bersaing di pasaran dan laris. Itulah kenapa, pedagang Tionghoa selalu memberikan harga yang menarik pada para pelanggan.


3. Lebih Suka membeli barang murah atau tidak membeli barang yang tidak mampu.

Meski memiliki banyak uang, orang china pada umumnya lebih suka membeli berbagai barang yang harganya murah. Mereka tidak suka memaksakan diri untuk membeli barang yang harganya di atas kemampuan mereka. 

4. Prinsip kuat untuk tidak berhutang.

Orang China mengharamkan untuk berhutang untuk modal usaha atau untuk membeli sesuatu hal. Dengan begitu, mereka tidak perlu terbeban cicilan hutang dan bunga bank.

5. Sejak kecil belajar investasi.

Sejak orang China masih kanak-kanak, mereka diajarkan menyisihkan pendapatan mereka untuk berinvestasi. Selain properti, mereka menanamkan investasi untuk ekspansi atau mengembangkan usaha.

Lima poin di atas tentu masih menjadi perdebatan karena banyak juga orang china yang tidak sesuai dengan satu atau dua dari 5 rahasia itu. Namun, yang paling penting adalah kita semua bisa belajar dari lima hal tersebut untuk mendapatkan kondisi keuangan yang nyaman dan stabil. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form