Mudah Dipahami Apa Itu Bitcoin dan Cryptocurrency

Bitcoin

Bitcoin yang semakin sering kita dengar, penemunya adalah Satoshi Nakamoto, nama samaran saat uang digital ini mulai diperkenalkan ke publik. 

Untuk memahaminya apa itu Bitcoin, Benhil memilih sumber yang tepat untuk menjelaskannya dengan baik, dikutip dari cuitan TansuYegen, narasi video dari Peter Ben Vaultenberg yang mudah dipahami tentang apa itu Bitcon. 

Peter adalah direktur penelitian dan Pusat Koin, sebuah lembaga nirlaba independen yang berfokus pada masalah kebijakan publik yang memengaruhi mata uang kripto dan jaringan blockchain publik. Menyampaikan paparan ini di US Committee on Banking, Housing, and Urban Affairs (10/11/2018).

Pada akhir paparan, Peter Ben Vaultenberg menjelaskan secara runut, apa kepentingan Bitcon untuk Amerika.

Apa itu Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama di dunia, dan berfungsi karena jaringan blockchain publik pertama secara glogal. Apa yang dilakukan Bitcoin, apa yang dilakukan? 

Penjelasannya cupuk mudah dipahami. Ini memungkinkan Anda mengirim dan menerima nilai ke dan dari siapa pun di dunia hanya dengan menggunakan komputer dan koneksi Internet. 

Sekarang, mengapa revolusioner? Karena tidak seperti alat lain untuk mengirim uang melalui Internet, alat ini berfungsi tanpa perlu mempercayai perantara. Ketiadaan korporasi di antaranya berarti bahwa Bitcoin adalah infrastruktur pembayaran digital publik pertama di dunia, dan oleh publik, tersedia untuk semua dan tidak dimiliki oleh satu entitas pun. 

Sekarang, kita memiliki infrastruktur publik untuk informasi, untuk situs web, untuk email. Ini disebut Internet. Tetapi satu-satunya infrastruktur pembayaran publik yang kami miliki adalah uang kertas tunai, dan hanya berfungsi dalam transaksi tatap muka.

Sebelum era Bitcoin, jika Anda ingin membayar seseorang dari jarak jauh melalui telepon atau internet, Anda tidak dapat menggunakan infrastruktur publik. Anda hanya bisa mengandalkan layanan perbankan untuk membuka buku mereka dan menambahkan entri buku besar yang mendebit Anda dan mengkredit orang yang Anda bayar. 

"Bitcoin’s structure is very ingenious. The paper money disappears, and crypto-currencies are a much better way to transfer values than a piece of paper, that’s for sure". Elon Musk, CEO Tesla, Twitter and Chief Engineer of SpaceX

Dan jika Anda berdua tidak menggunakan bank yang sama, maka akan ada banyak bank perantara dan beberapa entri buku besar di antaranya. 

Dengan bBitcoin, buku besar adalah blockchain publik, dan siapa pun dapat menambahkan entri ke buku besar tersebut untuk mentransfer Bitcoin mereka ke orang lain. Dan siapa pun, terlepas dari kebangsaan, ras, agama, jenis kelamin, jenis kelamin, atau kelayakan kreditnya, dapat, tanpa biaya sama sekali, membuat alamat bitcoin untuk menerima pembayaran secara digital. 

Bitcoin adalah uang publik pertama yang dapat diakses secara global di dunia. Apakah ini sudah sempurna? Jawabannya adalah tidak. Begitu pula dengan email ketika ditemukan pada tahun 1972. 

Bitcoin bukanlah uang terbaik di setiap margin. Itu belum diterima di mana-mana, itu tidak sering digunakan untuk mengutip harga, dan itu tidak selalu merupakan penyimpan nilai yang stabil. Tapi itu berhasil. 

Dan fakta bahwa itu bekerja tanpa perantara tepercaya sungguh menakjubkan. Ini adalah terobosan ilmu komputer, dan akan sama pentingnya bagi kebebasan, kemakmuran, dan kemajuan manusia seperti lahirnya internet. 

Bitcoin hanyalah permulaan. Jika kita dapat mengganti infrastruktur pembayaran pribadi, maka kita juga dapat mengganti titik hambatan pribadi lainnya ke interaksi manusia. 

Sekarang, mengapa kita ingin membangun lebih banyak infrastruktur publik? Mengapa kita harus menggunakan blockchain daripada perantara perusahaan? Mengapa kita harus mentolerir inefisiensi mereka dan bekerja untuk membuatnya lebih baik? Mengapa kita ingin pelopor teknologi ini ada di Amerika Serikat dan tidak melarikan diri ke luar negeri? 

Alasan sederhana karena perantara perusahaan yang menyediakan infrastruktur penting namun milik pribadi saat ini menjadi semakin sedikit, lebih besar, dan lebih kuat, dan kegagalan mereka semakin parah. 

Jadi kira-kira setengah dari 143.000.000 orang Amerika memiliki nomor Jaminan Sosial mereka yang terkena peretas karena pelanggaran equifax. Jaringan Swift telah menyampaikan ratusan juta dolar dalam transaksi penipuan karena bank anggota yang diretas di Bangladesh, Vietnam, Ekuador, dan Rusia. 

FBI sekarang mencurigai bahwa peretasan terbesar ini dilakukan oleh Korea Utara. Karyawan tingkat rendah yang korup di bank India, Punjab National, dapat dengan curang mengesahkan pesan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication), mencuri $1,8 miliar. 

Ini adalah perampokan bank elektronik terbesar dalam sejarah. Faktanya, ini adalah perampokan bank terbesar dalam sejarah. Pada bulan Oktober 2016, diperkirakan 1,2 juta perangkat yang terhubung ke Internet diretas dan diubah menjadi botnet yang selama beberapa jam membuat situs web terkemuka tidak tersedia di seluruh Eropa dan Amerika Utara, termasuk CNN dan Fox News, New York Times, dan The Wall Street Journal. 

Mesin fisik semakin terhubung ke Internet. Untuk meningkatkan kemampuannya, mereka terhubung melalui server yang dimiliki dan dikelola oleh perantara pribadi dan tepercaya.

Alat pacu jantung dari Rumah Sakit St. Jude telah diretas, monitor bayi dari TRENDnet telah diretas, dan Jeep dari Jeep telah diretas ke titik di mana mereka dapat disita dan diusir dari jalan raya dari jarak jauh. 

Sekarang, kerentanan tersebut tidak dapat dihindari dalam sistem yang memiliki satu titik kegagalan. Tidak masalah apakah titik kegagalannya adalah korporasi atau pemerintah. Seharusnya tidak ada satu titik pun kegagalan. Choke point serupa sudah ada sebelum Internet. 

Jika Anda ingin menyampaikan pesan, Anda harus melalui salah satu dari tiga penyiar televisi atau beberapa surat kabar. Perusahaan swasta sangat penting, tetapi tidak ada infrastruktur kritis yang harus bergantung pada satu atau dua.

Internet menghilangkan satu titik kegagalan dalam infrastruktur komunikasi dan mengantarkan gelombang persaingan di antara perusahaan media baru. 

Membangun di atas jalur publiknya, blockchain juga dapat mendisintermediasi pembayaran kritis dan infrastruktur IoT (Internet of Things). Teknologinya belum siap untuk menjawab semua pertanyaan itu hari ini, tetapi ini adalah harapan terbaik kami. 

Dan seperti halnya Internet di tahun 1990-an, kita membutuhkan sentuhan ringan, kebijakan pro inovasi untuk memastikan bahwa inovasi ini berkembang di Amerika demi keuntungan dan keamanan semua orang Amerika. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form